Cara Mengubah Desimal ke Pecahan Biasa Brainly

>Hello Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas cara mengubah desimal ke pecahan biasa secara cepat dan mudah. Pembahasan akan diuraikan dalam 20 sub topik yang mudah dipahami. Simak baik-baik ya!

Apa itu Desimal dan Pecahan Biasa?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu desimal dan pecahan biasa.

Desimal adalah sistem bilangan dengan dasar sepuluh yang terdiri dari angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Sementara itu, pecahan biasa adalah representasi bilangan pecahan dengan angka pembilang dan penyebut.

Contohnya, bilangan 0,5 dalam desimal dapat diubah menjadi pecahan biasa 1/2.

Beberapa Cara Mengubah Desimal ke Pecahan Biasa

Berikut ini adalah beberapa cara mengubah desimal ke pecahan biasa:

1. Ubah Desimal ke Pecahan Biasa dengan Menggunakan Rumus

Cara pertama yang dapat kita gunakan adalah dengan mengubah desimal ke pecahan biasa melalui rumus:

a / b = desimal / 1

Kemudian, kita bisa menyelesaikan rumus tersebut untuk mendapatkan nilai a dan b.

Contohnya, untuk mengubah desimal 0,75 ke pecahan biasa, kita dapat mengganti nilai desimal dengan 0,75 dan nilai b dengan 1. Selanjutnya, kita tinggal menyelesaikan rumus tersebut:

a / 1 = 0,75 / 1

a = 0,75

Selanjutnya, kita bisa mencari nilai b dengan mengubah desimal menjadi pecahan biasa dalam bentuk yang paling sederhana:

0,75 = 75/100 = 3/4

Sehingga, desimal 0,75 dapat diubah menjadi pecahan biasa 3/4.

2. Konversi Manual

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan konversi manual.

Konversi manual ini dilakukan dengan mengubah angka desimal menjadi bentuk persentase terlebih dahulu. Setelah itu, kita tinggal mengubah persentase tersebut menjadi pecahan biasa dengan cara membagi angka persentase dengan 100 dan menyederhanakannya ke bentuk yang paling sederhana.

3. Menggunakan Kalkulator

Selain cara-cara di atas, kita juga dapat menggunakan kalkulator untuk mengubah desimal ke pecahan biasa dengan lebih cepat dan mudah. Walaupun demikian, cara ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena kalkulator dapat menghasilkan pecahan yang belum dalam bentuk sederhana.

Mengapa Perlu Mengubah Desimal ke Pecahan Biasa?

Mengubah desimal ke pecahan biasa merupakan salah satu keterampilan matematika dasar yang perlu dikuasai oleh setiap orang. Pecahan biasa memiliki aplikasi yang lebih luas dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan desimal, seperti dalam pengukuran dan pembagian sederhana.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya perlu tahu matematika yang rumit untuk mengubah desimal ke pecahan biasa? Tidak, cara yang akan diuraikan di sini sangat mudah dipahami dan dapat dikuasai oleh siapa saja.
Apakah cara konversi manual selalu menghasilkan pecahan yang dalam bentuk sederhana? Tidak selalu, karena hasil konversi manual tergantung pada kemampuan kita dalam menyederhanakan pecahan. Oleh karena itu, kita perlu mengecek hasil konversi tersebut dengan kalkulator atau menguji kesederhanaan pecahan dengan melakukan pembagian.
Apakah cara mengubah desimal ke pecahan biasa hanya berguna dalam matematika saja? Tidak, cara tersebut juga dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pengukuran dan pembagian sederhana.
TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Sifat Magnet: Tips Mudah Menghindari Energi Negatif

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai cara mengubah desimal ke pecahan biasa brainly. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain dengan menggunakan rumus, konversi manual, dan menggunakan kalkulator. Ingat untuk selalu memeriksa hasil konversi agar pecahan yang dihasilkan selalu dalam bentuk sederhana.

Cara Mengubah Desimal ke Pecahan Biasa Brainly