Hello Sohib EditorOnline, Ini Cara Membuat Es Krim dengan Tepung Maizena dan Pop Ice

>

Cara Membuat Es Krim dengan Tepung Maizena dan Pop Ice – Journal Article

Es krim adalah salah satu makanan penutup yang sangat disukai banyak orang. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat es krim sendiri di rumah. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat es krim dengan tepung maizena dan pop ice. Tepung maizena dan pop ice adalah bahan-bahan yang relatif mudah didapatkan, sehingga Anda bisa mencobanya di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat es krim, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

Bahan Jumlah
Tepung maizena 2 sendok makan
Pop ice 4 bungkus
Susu cair full cream 500 ml
Gula pasir 150 gram
Garam Sejumput
Vanili bubuk 1/2 sendok teh

Pastikan semua bahan yang Anda gunakan dalam keadaan segar dan bersih.

2. Campurkan Tepung Maizena dan Pop Ice

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan tepung maizena dan pop ice dalam wadah yang bersih. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

3. Panaskan Susu Cair

Selanjutnya, panaskan susu cair full cream dalam panci dengan api sedang. Tambahkan gula pasir, garam, dan vanili bubuk ke dalam susu sambil terus diaduk. Pastikan semua bahan tercampur rata.

4. Tambahkan Tepung Maizena dan Pop Ice

Setelah susu mulai mendidih, tambahkan campuran tepung maizena dan pop ice sambil terus diaduk. Pastikan tidak ada gumpalan tepung maizena atau pop ice yang tersisa. Aduk hingga adonan menjadi kental.

5. Dinginkan Adonan

Setelah adonan menjadi kental, matikan api dan biarkan adonan dingin selama sekitar 10-15 menit. Setelah dingin, adonan siap digunakan untuk membuat es krim.

6. Masukkan Adonan ke dalam Mesin Es Krim

Jika Anda memiliki mesin es krim, langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan ke dalam mesin es krim. Tunggu hingga mesin mengolah adonan menjadi es krim yang lembut dan tercampur sempurna.

FAQ

Apa itu Tepung Maizena dan Pop Ice?

Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Sedangkan pop ice adalah sirup yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat es batu.

Berapa Lama Adonan Harus Didinginkan?

Adonan harus didinginkan selama sekitar 10-15 menit.

Apakah Saya Harus Memiliki Mesin Es Krim?

Tidak, Anda tidak harus memiliki mesin es krim. Namun, jika Anda memiliki mesin es krim, proses pembuatan es krim akan lebih mudah dan cepat.

TRENDING 🔥  Cara Mengukur Pinggang

Bagaimana Cara Membuat Es Krim dengan Tepung Maizena dan Pop Ice Tanpa Mesin Es Krim?

Jika Anda tidak memiliki mesin es krim, Anda dapat menuangkan adonan ke dalam wadah tahan panas lalu tutup rapat dengan kertas aluminium. Kemudian, masukkan ke dalam freezer dan biarkan hingga membeku selama sekitar 4-6 jam. Setelah itu, keluarkan dari freezer dan aduk-aduk es krim hingga lembut. Ulangi proses ini beberapa kali hingga es krim benar-benar lembut.

7. Simpan Es Krim dalam Wadah yang Tepat

Setelah es krim selesai dibuat, simpan dalam wadah yang tepat, seperti wadah es krim atau toples. Pastikan es krim disimpan dalam freezer pada suhu yang sesuai agar tetap terjaga kualitasnya.

8. Nikmati Es Krim Anda

Setelah semua selesai, Anda bisa menikmati es krim yang Anda buat sendiri dengan tepung maizena dan pop ice. Es krim ini cocok disajikan sebagai makanan penutup di berbagai acara, seperti ulang tahun atau pesta keluarga.

9. Tips Membuat Es Krim dengan Tepung Maizena dan Pop Ice yang Enak

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat es krim yang enak dengan tepung maizena dan pop ice:

  • Gunakan susu cair full cream untuk hasil yang lebih lezat
  • Jangan terlalu banyak menambahkan tepung maizena atau pop ice agar es krim tidak terlalu kental
  • Tambahkan bahan tambahan seperti coklat chips atau buah-buahan untuk variasi rasa
  • Jangan terlalu sering membuka freezer saat menyimpan es krim agar kualitasnya tetap terjaga

10. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat es krim dengan tepung maizena dan pop ice. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan mudah. Selain lezat, es krim ini juga lebih sehat karena tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti es krim yang dijual di toko. Selamat mencoba!

Hello Sohib EditorOnline, Ini Cara Membuat Es Krim dengan Tepung Maizena dan Pop Ice