Cara Membuat Gudeg Nangka

>Hello Sohib EditorOnline, in this article we will teach you how to make gudeg nangka, a traditional Javanese dish made from young jackfruit. Gudeg nangka is a popular dish in Yogyakarta and Central Java, and is usually served with rice, chicken, and other side dishes. Let’s get started!

1. Pilih Nangka Muda yang Berkualitas

Langkah pertama dalam membuat gudeg nangka adalah memilih nangka muda yang berkualitas. Anda bisa mencari nangka yang masih muda dan belum terlalu matang. Pastikan nangka yang Anda pilih tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Nangka yang ideal untuk membuat gudeg adalah nangka yang masih berwarna hijau dan tidak terlalu besar.

Setelah Anda memilih nangka yang cocok, bersihkan dan potong menjadi bagian yang lebih kecil agar lebih mudah dimasak.

2. Rebus Nangka dengan Bumbu yang Tepat

Langkah berikutnya adalah merebus nangka dengan bumbu yang tepat. Bumbu yang biasanya digunakan dalam membuat gudeg nangka adalah bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan gula merah. Tambahkan air secukupnya dan masukkan nangka yang sudah dipotong-potong ke dalam panci.

Setelah komposisi bumbu dan nangka sudah dicampurkan, rebus semuanya hingga matang. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk agar bumbu meresap ke dalam nangka.

3. Tambahkan Santan dan Masak Hingga Mengental

Selanjutnya, tambahkan santan ke dalam panci dan aduk hingga tercampur rata dengan bumbu dan nangka. Masak semuanya hingga mengental dan santan tidak terpisah dari bumbu.

4. Biarkan Dingin dan Sajikan

Setelah gudeg nangka sudah matang, biarkan dingin sejenak sebelum disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan nasi, ayam suwir, telur, dan sambal goreng krecek.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah harus memakai nangka muda? Iya, nangka muda lebih cocok untuk membuat gudeg karena daging buahnya belum terlalu keras dan masih menyerap bumbu dengan baik.
2. Berapa lama merebus nangka? Waktu merebus nangka bisa bervariasi tergantung pada ukuran potongan dan kekerasan daging buahnya. Secara umum, merebus nangka memakan waktu sekitar 1-2 jam.
3. Apa yang bisa disajikan bersama gudeg nangka? Gudeg nangka biasanya disajikan dengan nasi, ayam suwir, telur, sambal goreng krecek, dan krupuk.
4. Bisakah gudeg nangka disimpan dalam waktu lama? Iya, gudeg nangka bisa disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari atau di dalam freezer selama beberapa minggu.
5. Apakah gudeg nangka sulit untuk dibuat? Tidak, gudeg nangka sangat mudah untuk dibuat asalkan Anda memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan dan memasaknya dengan hati-hati.
TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Aplikasi Tempo Gratis

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat gudeg nangka yang lezat dan nikmat. Jangan sungkan untuk mencoba resep ini di rumah dan berbagi dengan teman dan keluarga Anda. Selamat mencoba!

Cara Membuat Gudeg Nangka