Cara Membuat Jus Mangga

>Hello Sohib EditorOnline, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jus mangga yang segar dan enak. Jus buah mangga adalah minuman yang banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan lezat. Selain rasanya yang enak, jus mangga juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang langkah-langkah membuat jus mangga yang mudah dan enak untuk dinikmati.

1. Pilih mangga yang matang

Langkah pertama dalam membuat jus mangga adalah memilih buah mangga yang matang. Pastikan mangga yang kamu pilih sudah matang karena mangga yang masih mentah akan memiliki rasa yang tidak enak dan tekstur yang keras. Cara memilih mangga yang matang adalah dengan memeriksa warnanya yang sudah kuning atau oranye kecoklatan. Jangan lupa untuk memeriksa apakah buah mangga tersebut mengeluarkan aroma yang harum.

FAQ: Apa yang harus dilakukan jika saya tidak bisa menemukan mangga yang matang?

Jika kamu tidak bisa menemukan mangga yang sudah matang, kamu bisa membiarkan buah mangga tersebut matang selama beberapa hari hingga warnanya berubah menjadi kuning atau oranye kecoklatan. Kamu juga bisa menempatkan buah mangga tersebut di dalam karung atau di dalam kantong bersama dengan buah apel atau pisang untuk mempercepat proses pematangan.

2. Bersihkan dan potong mangga

Langkah kedua dalam membuat jus mangga adalah membersihkan dan memotong buah mangga. Cuci buah mangga dengan air bersih dan lap kering dengan menggunakan handuk bersih. Setelah itu, potong buah mangga dari bagian tengah dan buang bijinya. Potong buah mangga menjadi beberapa bagian agar memudahkan proses penghalusan menggunakan blender.

FAQ: Apakah saya harus mengupas kulit mangga sebelum membuat jus?

Tidak perlu mengupas kulit buah mangga jika kulitnya cukup tipis dan tidak terlalu keras. Kamu bisa menghaluskan seluruh bagian buah mangga termasuk kulitnya karena kulit mangga mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh. Namun, jika kulitnya terlalu keras, kamu bisa mengupasnya terlebih dahulu sebelum menghaluskannya.

3. Blender mangga hingga halus

Langkah selanjutnya adalah menghaluskan buah mangga dengan menggunakan blender. Tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis atau air mineral untuk memudahkan proses penghalusan. Blender buah mangga hingga halus dan lembut. Jangan lupa untuk mencicipi jus mangga yang sudah dihaluskan untuk mengecek rasa dan kekentalannya.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan Orang Dewasa

FAQ: Apakah saya bisa menggunakan food processor untuk menghaluskan buah mangga?

Tentu saja bisa. Food processor juga dapat digunakan untuk menghaluskan buah mangga. Namun, blender lebih disarankan karena lebih efektif dalam menghaluskan buah mangga menjadi jus yang lembut.

4. Saring jus mangga

Setelah kamu menghaluskan buah mangga dengan blender, langkah selanjutnya adalah menyaring jus mangga. Tuangkan jus mangga yang sudah dihaluskan ke dalam saringan atau kain kasa bersih. Tekan buah mangga yang ada di dalam saringan atau kain kasa untuk memperoleh jus mangga yang murni dan halus. Buang ampas mangga yang sudah disaring.

FAQ: Apakah saya harus menyaring jus mangga?

Memang tidak wajib menyaring jus mangga, namun proses penyaringan akan membantu memisahkan ampas dan serat buah mangga yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Dengan menyaring jus mangga, kamu dapat memperoleh jus mangga yang lebih halus dan ringan untuk dicerna.

5. Tambahkan es batu dan sajikan

Langkah terakhir adalah menambahkan es batu ke dalam jus mangga yang sudah disaring. Aduk hingga es batu tercampur rata dengan jus mangga dan sajikan dalam gelas. Kamu bisa menambahkan sedikit gula atau madu agar jus mangga lebih manis sesuai dengan selera. Jus mangga siap untuk dinikmati.

FAQ: Apakah saya bisa menyimpan jus mangga dalam waktu yang lama?

Tidak disarankan menyimpan jus mangga dalam waktu yang lama karena jus mangga mudah mengalami oksidasi dan kehilangan nutrisinya. Sebaiknya, jus mangga dikonsumsi dalam waktu yang cukup singkat setelah dibuat agar nutrisinya masih terjaga.

Peralatan yang Dibutuhkan Bahan yang Dibutuhkan
Blender 1 buah mangga
Saringan atau kain kasa bersih Es batu
Gelas Air perasan jeruk nipis atau air mineral
Cangkir pengukur Gula atau madu (opsional)

Itulah langkah-langkah mudah dalam membuat jus mangga yang lezat dan segar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Membuat Jus Mangga