Cara Membuat Fla – Panduan Lengkap

>Hello Sohib EditorOnline, selamat datang di panduan lengkap tentang cara membuat fla. Fla adalah sebuah jenis makanan ringan yang populer di Indonesia. Fla biasanya terbuat dari santan, gula, dan tepung maizena. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah demi langkah tentang cara membuat fla yang delicious.

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat fla, pastikan Anda memiliki semua bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan fla:

Bahan Jumlah
Santan 500 ml
Gula Pasir 250 gram
Tepung Maizena 100 gram
Pandan 2 lembar
Garam 1/4 sendok teh

Pastikan untuk membeli bahan-bahan dari toko terpercaya dan memperhatikan tanggal kadaluarsa pada setiap bahan.

2. Cara Membuat Fla

Langkah 1 – Siapkan Bahan-Bahan

Pertama, pastikan semua bahan-bahan sudah tersedia sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Selain itu, pastikan wadah dan alat yang akan digunakan dalam proses pembuatan fla juga telah bersih dan kering.

Langkah 2 – Campurkan Santan dan Gula Pasir

Setelah itu, campurkan santan dengan gula pasir dalam panci. Pastikan santan dan gula tercampur rata.

Langkah 3 – Masukkan Tepung Maizena

Tambahkan tepung maizena ke dalam campuran santan dan gula pasir. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Langkah 4 – Masak campuran santan hingga mengental

Panaskan campuran santan, gula, dan tepung maizena pada api sedang. Aduk terus sampai campuran mengental dan tidak ada lagi gumpalan tepung. Pastikan untuk terus mengaduk agar tidak ada bagian yang gosong.

Langkah 5 – Tambahkan Pandan dan Garam

Setelah campuran santan hampir matang, tambahkan daun pandan yang sudah dicuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Tambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa.

Langkah 6 – Tuangkan ke dalam Wadah

Setelah semua bahan telah tercampur dengan baik, tuangkan campuran santan ke dalam wadah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Ratakan permukaan fla dengan spatula agar permukaan terlihat rata.

Langkah 7 – Dinginkan fla

Diamkan fla hingga suhu ruang. Setelah itu, masukkan fla ke dalam kulkas dan biarkan selama 1-2 jam sampai keras.

Langkah 8 – Sajikan

Setelah fla benar-benar dingin dan keras, potong-potong fla sesuai dengan keinginan. Sajikan fla dan nikmati makanan ringan yang enak ini.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Power Point di Laptop

3. FAQ

1. Kenapa fla saya tidak mengental?

Mungkin karena Anda tidak mengaduk campuran secara terus menerus, atau tetao menggunakan api yang terlalu besar sehingga bagian bawah cair dan bagian atas mengental. Pastikan Anda menggunakan api yang kecil hingga sedang dan selalu aduk agar tidak ada bagian yang gosong.

2. Apa alternatif untuk pandan?

Anda bisa mengganti daun pandan dengan vanila atau esens vanila. Namun, pastikan untuk mencoba jumlah yang tepat agar fla tidak terlalu manis atau tidak enak.

3. Bagaimana jika fla terlalu kental?

Jika fla Anda terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit santan atau air dan aduk kembali hingga rata. Namun, pastikan untuk menambahkan sedikit demi sedikit agar fla tidak menjadi terlalu cair.

4. Bagaimana cara menyimpan fla?

Fla bisa disimpan dalam kulkas selama 3-5 hari. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah tertutup yang bersih dan kering agar fla tidak rusak atau kehilangan rasa.

5. Bolehkah fla dimasak dengan santan kental?

Ya, Anda bisa menggunakan santan kental untuk membuat fla. Namun, pastikan untuk menambahkan air atau santan encer agar fla tidak terlalu kental.

4. Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat fla yang delicious. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan teliti dan tidak melewatkan langkah apapun. Semoga panduan ini bermanfaat dan Anda bisa membuat fla favorit Anda sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Fla – Panduan Lengkap