Cara Membuat Tongseng Ayam Tanpa Santan – Resep Praktis dan Mudah!

>Halo Sohib EditorOnline! Bagaimana kabarmu hari ini? Kali ini kami akan berbagi resep tongseng ayam tanpa santan yang super lezat dan mudah dibuat. Cocok untuk kamu yang sedang mencari alternatif masakan yang sehat dan ringan. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum masuk ke tahapan membuat tongseng ayam tanpa santan, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan-bahan Jumlah
Ayam 500 gram (potong sesuai selera)
Daun jeruk 3 lembar
Daun salam 2 lembar
Sereh 1 batang (memarkan)
Bawang merah 8 siung (iris tipis)
Bawang putih 4 siung (iris tipis)
Cabe merah besar 4 buah (iris serong)
Cabe rawit 5 buah (iris serong)
Jahe 2 cm (memarkan)
Lengkuas 2 cm (memarkan)
Gula merah 50 gram (serut kasar)
Air matang 500 ml
Aceh noodles 500 gram
Minyak goreng secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat tongseng ayam tanpa santan

Setelah semua bahan terkumpul, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tongseng ayam tanpa santan:

1. Mengolah Bahan Utama

Langkah pertama dalam membuat tongseng ayam tanpa santan adalah menyiapkan ayam yang sudah dipotong sesuai selera. Kemudian, cuci bersih ayam hingga tidak ada sisa kotoran atau bulu-bulu halus yang menempel. Setelah itu, lumuri ayam dengan garam secukupnya dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, bilas ayam hingga bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan wajan dengan minyak goreng secukupnya. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.

Masukkan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis. Tambahkan air matang dan masak hingga ayam empuk dan bumbunya meresap. Matikan api dan sisihkan.

2. Mengolah Bumbu Halus

Langkah selanjutnya adalah mengolah bumbu halus yang akan digunakan dalam pembuatan tongseng ayam tanpa santan. Siapkan bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan Jumlah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Cabe merah besar 3 buah
Cabe rawit 3 buah
Kunyit 1 cm
Ketumbar 1 sdt
Jintan 1 sdt
Garam secukupnya

Cuci bersih semua bahan dan iris-iris untuk memudahkan proses penghalusan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, kunyit, ketumbar, dan jintan menggunakan blender atau cobek. Tambahkan sedikit air matang jika perlu untuk memudahkan proses penghalusan.

3. Mengolah Tongseng Ayam Tanpa Santan

Setelah bumbu halus siap, lanjutkan dengan cara berikut:

Panaskan wajan dengan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Kemudian, masukkan ayam dan air matang. Tambahkan serutan gula merah dan sereh. Aduk rata dan masak hingga tongseng ayam tanpa santan matang dan bumbunya meresap. Jangan lupa untuk mengecek rasa dan tambahkan garam secukupnya. Matikan api dan angkat tongseng ayam tanpa santan dari wajan.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi WA Kadaluarsa

Sajikan tongseng ayam tanpa santan dalam piring saji dengan taburan irisan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan bersama nasi putih dan acar mentah. Selamat menikmati!

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah tongseng ayam tanpa santan sama enaknya dengan tongseng ayam dengan santan?

Tongseng ayam tanpa santan memang memiliki rasa yang berbeda dengan tongseng ayam dengan santan. Namun, kedua jenis tongseng ayam ini sama-sama lezat dan bisa menjadi pilihan alternatif untuk variasi menu sehari-hari.

2. Apakah tongseng ayam tanpa santan lebih sehat daripada tongseng ayam dengan santan?

Ya, tongseng ayam tanpa santan lebih sehat daripada tongseng ayam dengan santan karena tidak mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, ingatlah untuk mengonsumsinya dengan porsi yang sehat dan seimbang agar tetap menjaga kesehatan.

3. Bisakah saya menggunakan bahan-bahan lain selain ayam?

Tentu saja, kamu bisa mengganti daging ayam dengan daging sapi atau daging kambing sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti kentang, wortel, atau buncis untuk membuat tongseng ayam tanpa santan yang lebih sehat dan bergizi.

4. Apakah saya bisa menyimpan tongseng ayam tanpa santan dalam kulkas?

Ya, kamu bisa menyimpan tongseng ayam tanpa santan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan memasukkannya ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam suhu yang dingin. Jangan lupa untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan.

5. Bagaimana jika saya tidak suka pedas?

Jika tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabe yang digunakan dalam resep ini atau bahkan meniadakannya sama sekali. Namun, cabe adalah salah satu bumbu penting dalam tongseng ayam tanpa santan yang memberikan cita rasa khas. Jadi, disarankan untuk tetap menggunakan cabe dalam jumlah yang secukupnya.

Itulah resep praktis dan mudah untuk membuat tongseng ayam tanpa santan yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk share resep ini ke teman-temanmu ya, Sohib EditorOnline!

Cara Membuat Tongseng Ayam Tanpa Santan – Resep Praktis dan Mudah!