Cara Buat Keripik Kaca: Membuat Camilan Renyah Tidak Sulit

>Hello Sohib EditorOnline! Siapa yang tidak suka camilan? Keripik adalah salah satu camilan yang enak di berbagai tempat di Indonesia. Keripik kaca adalah varian keripik yang unik dan renyah. Banyak orang tidak tahu cara membuatnya, jadi di artikel ini, kami akan membahas cara membuat keripik kaca step-by-step. Mari kita mulai!

1. Apa itu Keripik Kaca?

Keripik kaca adalah camilan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang umumnya tersedia di rumah, seperti tepung terigu, telur, gula, garam, dan minyak goreng. Keripik kaca ini sangat tipis dan renyah seperti kaca, jadi namanya keripik kaca.

Tabel 1: Bahan-bahan untuk Membuat Keripik Kaca

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Telur ayam 2 butir
Gula pasir 50 gram
Garam dapur 1 sendok teh
Air bersih 250 ml
Minyak goreng secukupnya

2. Cara Membuat Keripik Kaca

Langkah 1: Membuat Adonan

Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, telur ayam, gula pasir, dan garam dapur. Aduk rata menggunakan mixer atau pengocok telur hingga tercampur sempurna. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal. Jangan terlalu lama mengaduk, karena adonan akan menjadi lengket dan sulit diolah.

Langkah 2: Menggoreng Keripik Kaca

Setelah adonan siap, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum mulai menggoreng keripik. Ambil satu sendok sayur adonan dan tuang ke dalam wajan. Gerakkan wajan ke arah yang berlawanan dengan arah sendok sayur hingga adonan membentuk lingkaran tipis. Goreng adonan hingga kekuningan dan angkat. Tiriskan keripik menggunakan saringan atau tisu dapur.

Langkah 3: Menyajikan Keripik Kaca

Keripik kaca siap disajikan sebagai camilan atau dijadikan sebagai topping pada hidangan lain yang kamu sukai. Selamat menikmati!

3. FAQ: Pertanyaan Umum Tentang Keripik Kaca

1. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik kaca?

Untuk membuat keripik kaca, kamu membutuhkan tepung terigu, telur ayam, gula pasir, garam dapur, air bersih, dan minyak goreng.

2. Apa teknik yang tepat untuk menggoreng keripik kaca?

Agar keripik kaca terlihat bening dan renyah, teknik yang tepat adalah menggoreng dengan api yang cukup panas. Tuangkan adonan di wajan dengan gerakan yang cepat dan arah yang berlawanan dengan sendok yang digunakan untuk mengambil adonan. Goreng adonan hingga kekuningan dan tiriskan menggunakan saringan atau tisu dapur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Keripik Ubi - Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

3. Apakah keripik kaca lebih sehat daripada keripik biasa?

Secara umum, keripik kaca tidak lebih sehat daripada keripik biasa. Namun, karena keripik kaca dibuat lebih tipis, jumlah minyak goreng yang digunakan biasanya lebih sedikit daripada keripik biasa. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengurangi konsumsi minyak goreng, keripik kaca bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

4. Apa rahasia agar keripik kaca tidak pecah saat digoreng?

Agar keripik kaca tidak pecah saat digoreng, adonan harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digoreng. Pastikan minyak goreng cukup panas sebelum memasukkan adonan. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, karena akan membuat adonan menjadi lengket dan sulit diolah. Terakhir, tuangkan adonan dengan gerakan yang cepat dan arah yang berlawanan dengan sendok yang digunakan untuk mengambil adonan.

5. Berapa lama keripik kaca bisa disimpan?

Keripik kaca dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa hari. Namun, untuk menjaga kesegaran, sebaiknya keripik kaca langsung dimakan setelah digoreng.

Demikianlah cara membuat keripik kaca yang renyah dan enak. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin mencoba membuat keripik kaca sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Buat Keripik Kaca: Membuat Camilan Renyah Tidak Sulit