Cara Masak Ikan Tuna untuk Menu Sehari-hari yang Lezat dan Sehat

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan bahas tentang cara masak ikan tuna yang lezat dan sehat untuk menu sehari-hari. Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia, baik untuk hidangan makanan laut maupun untuk menu rumahan.

Kenapa Harus Memasak Ikan Tuna?

Ikan tuna memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, vitamin D, dan protein yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ikan tuna juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit degeneratif lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memasak ikan tuna sebagai salah satu menu sehari-hari.

Beragam Cara Memasak Ikan Tuna yang Lezat

Untuk variasi menu, berikut adalah beberapa cara memasak ikan tuna yang bisa dicoba di rumah.

1. Ikan Tuna Bakar

Ikan tuna bakar adalah salah satu cara yang sederhana dan mudah untuk menikmati ikan tuna. Ikan tuna bakar bisa dipanggang di atas arang atau grill dengan bumbu yang sederhana seperti garam, merica, dan lemon.

Untuk membuat ikan tuna bakar, ampuni ikan terlebih dahulu dan lumuri dengan bumbu sesuai selera. Setelah itu, bakar ikan di atas arang atau grill selama sekitar 10-15 menit atau hingga matang. Sajikan dengan nasi putih dan sayur-sayuran.

2. Ikan Tuna Goreng Tepung

Ikan tuna goreng tepung adalah menu yang sederhana namun lezat. Ikan tuna bisa digoreng dengan tepung roti atau tepung yang sudah jadi yang biasa dijadikan untuk membuat keripik.

Untuk membuat ikan tuna goreng tepung, potong ikan tuna sesuai selera dan lumuri dengan bumbu seperti garam, merica, dan perasan lemon. Setelah itu, celupkan ikan ke dalam tepung roti atau tepung keripik dan goreng di atas minyak panas hingga kecokelatan. Sajikan dengan nasi putih dan saus tartar.

3. Ikan Tuna Kuah Kari

Ikan tuna kuah kari adalah menu yang lezat dan kaya akan rempah. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah ikan tuna kuah kari ala India.

Untuk membuat ikan tuna kuah kari, panaskan minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai hingga harum. Setelah itu, tambahkan serbuk kari, bubuk kunyit, bubuk jintan, dan bubuk ketumbar. Aduk hingga tercampur rata dan tambahkan susu kelapa. Masak hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam ikan. Sajikan dengan nasi putih dan roti naan.

TRENDING 🔥  Cara Stop Paket Smartfren

Tips Memilih dan Menyimpan Ikan Tuna

Untuk mendapatkan ikan tuna segar, pastikan memilih ikan yang bersih dan tidak berbau. Ikan tuna juga bisa disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari atau di dalam freezer selama beberapa bulan.

Cara Menyimpan Ikan Tuna Lama Penyimpanan
Di dalam lemari es 2-3 hari
Di dalam freezer 3-6 bulan

FAQ Cara Masak Ikan Tuna

1. Bagaimana cara memasak ikan tuna yang mudah dan cepat?

Ikan tuna bakar atau ikan tuna goreng tepung adalah cara memasak ikan tuna yang mudah dan cepat.

2. Apa tips agar ikan tuna tidak berbau?

Pastikan memilih ikan tuna yang segar dan tidak mengandung bau. Setelah dibersihkan, lumuri ikan dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis pada ikan tuna.

3. Apa jenis bumbu yang cocok untuk ikan tuna?

Jenis bumbu yang cocok untuk ikan tuna adalah garam, merica, jahe, serai, kunyit, dan ketumbar.

4. Bagaimana cara memasak ikan tuna yang bisa dinikmati oleh anak-anak?

Ikan tuna goreng tepung atau ikan tuna kuah bening dengan sayur bisa menjadi pilihan untuk anak-anak yang suka dengan rasa yang ringan.

Sekian cara masak ikan tuna yang lezat dan sehat untuk menu sehari-hari. Selamat mencoba!

Cara Masak Ikan Tuna untuk Menu Sehari-hari yang Lezat dan Sehat