Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

>Hello Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas cara membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Siapa sih yang tidak suka dengan bawang goreng yang renyah dan gurih? Bawang goreng banyak digunakan sebagai topping pada berbagai jenis masakan, seperti nasi goreng, mie goreng, atau bahkan ayam goreng. Namun, seringkali bawang goreng yang kita beli di pasar tidak tahan lama dan cepat melunak. Oleh karena itu, disini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama.

1. Memilih Jenis Bawang yang Tepat

Memilih jenis bawang yang tepat sangatlah penting untuk menghasilkan bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Di Indonesia, biasanya kita menggunakan bawang merah untuk membuat bawang goreng. Namun, bawang putih juga bisa digunakan sebagai alternatif. Pastikan bawang yang kita gunakan segar dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran idealnya sekitar 3-4 cm.

Setelah memilih bawang yang tepat, mari kita bahas langkah selanjutnya.

2. Mempersiapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat bawang goreng, pastikan kita sudah mempersiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan Alat
Bawang merah/bawang putih Wajan
Tepung beras/tepung terigu Sendok
Air Garpu
Minyak goreng Kain bersih
Garam (optional)

3. Membuat Adonan Tepung

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan tepung. Adonan tepung ini akan kita gunakan untuk melapisi bawang sebelum digoreng. Ada dua jenis tepung yang bisa digunakan, yaitu tepung beras atau tepung terigu. Tepung beras lebih umum digunakan karena dapat menghasilkan bawang goreng yang lebih renyah. Namun, jika tidak memiliki tepung beras, tepung terigu juga bisa digunakan.

Untuk membuat adonan tepung, campurkan tepung beras/tepung terigu dengan sedikit air. Aduk hingga adonan tepung menjadi kental. Tapi jangan terlalu kental juga ya, karena nanti akan sulit untuk melapisi bawang dengan adonan tepung yang terlalu kental. Jangan lupa tambahkan garam (optional) agar bawang goreng lebih gurih.

4. Memotong Bawang

Setelah adonan tepung sudah siap, langkah selanjutnya adalah memotong bawang. Potong bawang menjadi iris tipis sekitar 2-3 mm. Pastikan irisan bawang sama tebalnya, agar bawang goreng yang dihasilkan merata. Setelah itu, pisahkan setiap lapisan bawang agar mudah dilapisi oleh adonan tepung.

5. Melapisi Bawang dengan Adonan Tepung

Langkah selanjutnya adalah melapisi bawang dengan adonan tepung. Ambil satu lapisan bawang, celupkan ke dalam adonan tepung, lalu angkat dan tiriskan sedikit agar tidak menggumpal. Jangan lapisi bawang terlalu tebal ya, karena nanti akan sulit untuk menggorengnya. Setelah semua irisan bawang dilapisi dengan adonan tepung, mari kita siapkan untuk digoreng.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Tawas untuk Ketiak

6. Menggoreng Bawang

Langkah terakhir adalah menggoreng bawang goreng hingga renyah dan garing. Tuangkan minyak goreng dalam wajan, lalu panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan bawang goreng yang sudah dilapisi dengan adonan tepung. Jangan terlalu banyak ya, karena nanti akan susah untuk menggoreng. Goreng bawang hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan renyah.

Jangan lupa diaduk sesekali agar bawang goreng tidak saling menempel dan menjadi clump. Setelah bawang goreng sudah matang, angkat dan tiriskan minyak menggunakan kain bersih. Agar bawang goreng tahan lama, simpan dalam wadah kedap udara atau dalam kulkas.

FAQ

Bagaimana cara membuat bawang goreng agar tahan lama?

Untuk membuat bawang goreng agar tahan lama, pastikan kita memilih bawang yang segar dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Selain itu, pastikan juga bawang goreng sudah benar-benar kering sebelum disimpan dalam wadah kedap udara atau dalam kulkas.

Apakah tepung beras atau tepung terigu yang lebih baik digunakan?

Tepung beras lebih umum digunakan karena dapat menghasilkan bawang goreng yang lebih renyah. Namun, jika tidak memiliki tepung beras, tepung terigu juga bisa digunakan.

Berapa lama bawang goreng dapat disimpan?

Jika disimpan dalam wadah kedap udara atau dalam kulkas, bawang goreng dapat bertahan selama 2-3 minggu.

Mengapa bawang goreng sering melunak?

Bawang goreng sering melunak karena mungkin proses penggorengan tidak dilakukan dengan benar atau bawang yang digunakan sudah tidak segar. Pastikan bawang yang digunakan segar dan sudah diiris tipis sebelum digoreng.

Bagaimana cara menghindari bawang goreng menjadi clump saat digoreng?

Jangan terlalu banyak menggoreng bawang sekaligus karena akan susah untuk diaduk dan bawang dapat saling menempel. Aduk bawang goreng sesekali agar tidak saling menempel dan menjadi clump.

Bisakah bawang goreng dibuat tanpa tepung?

Tentu saja bisa, namun bawang goreng yang dibuat tanpa tepung mungkin tidak akan se-rempah dan se-renyah bawang goreng yang biasa kita beli di pasar. Tepung dimaksudkan untuk melapisi bawang agar renyah saat digoreng.

Apakah bawang goreng dapat dihidangkan sebagai makanan ringan?

Tentu saja, bawang goreng dapat dihidangkan sebagai makanan ringan yang gurih dan renyah.

Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada minyak setelah menggoreng bawang goreng?

Untuk menghilangkan bau amis pada minyak goreng setelah menggoreng bawang goreng, campurkan sedikit garam ke dalam minyak goreng sebelum memanaskan minyak.

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama