Cara Membuat Pancake Rumahan

>Halo Sohib EditorOnline! Yuk, mari belajar cara membuat pancake rumahan yang mudah dan praktis. Pancake merupakan salah satu jenis kue yang dibuat dari adonan tepung terigu, susu, dan telur. Kue ini populer di seluruh dunia dan bisa disajikan sebagai sarapan atau camilan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pancake rumahan yang lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pancake, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Baking powder 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Gula pasir 2 sendok makan
Telur ayam 2 butir
Susu cair 200 ml
Mentega cair 2 sendok makan

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah memulai proses membuat pancake rumahan.

Langkah Membuat Pancake Rumahan

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau whisk.

2. Campurkan Bahan Basah

Setelah itu, campurkan telur ayam, susu cair, dan mentega cair dalam wadah yang berbeda. Aduk rata menggunakan whisk atau blender.

3. Campurkan Bahan Kering ke Bahan Basah

Setelah kedua bahan tercampur rata, tuang bahan kering ke dalam wadah bahan basah sedikit demi sedikit. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan adonan.

4. Panaskan Wajan

Panaskan wajan datar dengan api kecil. Oleskan mentega atau margarin tipis-tipis di atas permukaan wajan agar tidak lengket.

5. Tuang Adonan ke Wajan

Tuang adonan pancake ke dalam wajan menggunakan sendok sayur atau sendok polong. Ukuran pancake disesuaikan dengan selera Anda.

6. Tunggu Hingga Matang

Tunggu hingga pancake terlihat menggelembung dan permukaannya kering. Kemudian, balikkan pancake menggunakan spatula dan tunggu hingga kedua sisinya matang sempurna.

7. Sajikan dengan Topping Favoritmu

Setelah pancake matang, angkat dan sajikan pancake dengan topping favoritmu, seperti maple syrup, madu, atau buah-buahan segar.

FAQ

1. Bisakah Mengganti Tepung Terigu dengan Tepung lain?

Ya, Anda bisa mengganti tepung terigu dengan tepung lain, seperti tepung jagung atau tepung gluten-free. Namun, pastikan untuk menyesuaikan takaran dan konsistensi adonan dengan tepung yang digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Skripsi

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Terlalu Kental atau Encer?

Jika adonan terlalu kental, Anda bisa menambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan mencapai konsistensi yang diinginkan. Jika adonan terlalu encer, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan mencapai konsistensi yang tepat.

3. Apakah Pancake Bisa Disimpan di Kulkas?

Ya, pancake bisa disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan agar rasanya tetap enak.

4. Bisakah Pancake Dibekukan?

Ya, pancake bisa dibekukan dalam wadah kedap udara selama 1-2 bulan. Namun, pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan agar rasanya tetap enak.

5. Apakah Pancake Bisa Dibuat Tanpa Telur?

Ya, pancake bisa dibuat tanpa telur dengan menggantinya dengan bahan pengganti, seperti pisang atau yogurt. Namun, pastikan untuk menyesuaikan takaran dan konsistensi adonan dengan bahan pengganti yang digunakan.

Cara Membuat Pancake Rumahan