Cara Membuat Kentang Goreng Rumahan yang Enak dan Gurih

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat kentang goreng rumahan yang enak dan gurih. Kentang goreng merupakan camilan favorit banyak orang, terutama saat menonton film atau bertemu teman-teman. Namun, untuk mendapatkan kentang goreng yang benar-benar enak dan gurih tidaklah mudah. Kebanyakan dari kita mungkin hanya membelinya di warung atau restoran terdekat. Tetapi, bagaimana jika kita bisa membuatnya sendiri di rumah? Langsung saja, berikut ini adalah resep cara membuat kentang goreng rumahan yang enak dan gurih.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kentang goreng rumahan, pastikan bahwa kita sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Kentang 1 kg
Tepung maizena 150 gram
Tepung terigu 100 gram
Bawang putih 3 siung
Garam 1 sendok teh
Merica 1 sendok teh
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Dengan menyiapkan semua bahan di atas, kita sudah siap untuk membuat kentang goreng rumahan yang enak dan gurih.

Langkah-langkah Membuat Kentang Goreng Rumahan

1. Cuci, Kupas, dan Potong Kentang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kentang hingga bersih. Setelah itu, kupas kulit kentang menggunakan pisau atau pengelupas. Potong kentang sesuai dengan selera. Biasanya, kita potong kentang menjadi bentuk kotak atau batang.

2. Rendam Kentang dalam Air Dingin

Setelah kentang dipotong, rendam kentang dalam air dingin selama 15-20 menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan pati berlebih pada kentang sehingga kentang tidak mudah hancur saat digoreng.

3. Buat Adonan Tepung

Selanjutnya, siapkan adonan tepung. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, dan merica dalam sebuah wadah. Campurkan semua bahan hingga merata. Tuangkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tepung menjadi kental dan lengket.

4. Masukkan Kentang ke dalam Adonan Tepung

Selanjutnya, masukkan kentang yang sudah direndam dalam adonan tepung. Pastikan kentang terbalut merata dengan adonan tepung.

5. Panaskan Minyak Goreng

Setelah kentang dibalut dengan adonan tepung, panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan kentang ke dalamnya.

6. Goreng Kentang Hingga Matang dan Kering

Terakhir, masukkan kentang ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Goreng kentang hingga matang dan kering, sekitar 5-7 menit. Angkat kentang dan tiriskan dari minyak goreng yang berlebihan.

TRENDING 🔥  Cara Cek Kuota Kemendikbud: Riwayat Pembayaran dan Data Siswa

Catatan Penting

Agar kentang goreng rumahan yang kita buat menjadi enak dan gurih, ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan:

  • Pilih kentang yang segar dan kokoh.
  • Rendam kentang dalam air dingin selama 15-20 menit untuk menghilangkan pati berlebih pada kentang.
  • Gunakan tepung maizena untuk membuat kentang menjadi lebih renyah.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan sampai benar-benar panas sebelum memasukkan kentang.
  • Angkat kentang dan tiriskan dari minyak goreng yang berlebihan agar kentang menjadi lebih kering dan renyah.

FAQ

1. Bisakah saya menggoreng kentang tanpa tepung?

Tentu saja bisa. Namun, kentang goreng yang digoreng tanpa tepung tidak akan secrispy kentang goreng yang digoreng dengan tepung.

2. Apa yang membuat kentang goreng lebih enak dan gurih?

Kentang goreng yang enak dan gurih biasanya dibuat dengan kentang yang segar dan kokoh, serta dibalut dengan adonan tepung yang mengandung tepung maizena dan bumbu yang pas.

3. Apa yang harus dilakukan jika kentang goreng menjadi terlalu lembek?

Jika kentang goreng menjadi terlalu lembek, coba goreng kembali dengan durasi yang lebih lama. Pastikan minyak goreng sudah benar-benar panas sebelum menggoreng kembali.

4. Apa yang harus dilakukan jika adonan tepung tidak lengket pada kentang?

Jika adonan tepung tidak lengket pada kentang, tambahkan sedikit air ke dalam adonan tepung. Namun, pastikan tidak terlalu banyak agar adonan tepung tidak terlalu encer.

5. Apakah kentang goreng rumahan lebih sehat daripada kentang goreng yang dibeli di luar?

Kentang goreng rumahan lebih sehat dibandingkan kentang goreng yang dibeli di luar, karena kita bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan memasaknya dengan minyak goreng yang lebih sedikit. Namun, tetaplah mengonsumsinya dengan bijak dan dalam jumlah yang cukup.

Cara Membuat Kentang Goreng Rumahan yang Enak dan Gurih