Cara Membuat Pecel yang Lezat dan Sehat

>Selamat datang, Sohib EditorOnline! Apakah kamu penggemar makanan khas Indonesia? Jika iya, pasti sudah familiar dengan pecel. Pecel adalah salah satu makanan yang terbuat dari sayuran segar yang disiram dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan gizi. Meski sederhana, pecel bisa menjadi hidangan yang lezat dan sehat. Yuk, simak cara membuat pecel berikut ini!

Apa Itu Pecel?

Pecel adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terbuat dari sayuran mentah atau rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih atau lontong. Pecel terkenal dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas yang berasal dari bumbu kacang yang sangat khas.

Meski berbahan dasar sayuran, pecel punya banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kacang dalam bumbu pecel kaya akan karbohidrat, protein, serat, vitamin E, dan mineral seperti magnesium dan kalium. Sedangkan, sayuran yang digunakan biasanya mencakup kubis, kacang panjang, taoge, dan kangkung yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Nah, bagaimana cara membuat pecel yang sehat dan lezat? Simak penjelasan di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat pecel, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Kacang tanah 250 gram
Gula merah 50 gram
Cabai merah 6 buah
Cabai rawit 10 buah
Kencur 2 rimpang
Jahe 2 cm
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Kacang panjang 200 gram
Kubis 200 gram
Kangkung 200 gram
Taoge 100 gram

Cara Membuat Pecel

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mulai membuat pecel dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Membuat Bumbu Kacang

Langkah pertama adalah membuat bumbu kacang. Untuk membuat bumbu kacang pecel, kamu bisa mengikuti resep berikut:

  1. Goreng kacang tanah hingga matang dan haluskan dengan blender atau ulekan.
  2. Goreng cabai merah, cabai rawit, kencur, dan jahe hingga matang.
  3. Haluskan cabai, kencur, dan jahe dengan blender atau ulekan.
  4. Campurkan kacang tanah yang sudah halus dengan bumbu halus tadi, tambahkan gula merah, garam, dan gula pasir secukupnya.
  5. Tuang air secukupnya dan aduk hingga bumbu tercampur rata. Koreksi rasa bumbu kacang pecel, tambahkan garam atau gula pasir jika diperlukan.

2. Menyiapkan Sayuran

Langkah kedua adalah menyiapkan sayuran. Cuci bersih kacang panjang, kubis, kangkung, dan taoge. Potong-potong kacang panjang dan kubis, lalu rebus hingga matang. Tiriskan sayuran dan taoge.

3. Menyajikan Pecel

Setelah semua bahan siap, kamu bisa menyajikan pecel. Letakkan sayuran rebus dan taoge dalam mangkuk atau piring saji, lalu siram dengan bumbu kacang pecel. Pecel siap disajikan dengan nasi putih atau lontong.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa Saja Variasi Pecel yang Bisa Dibuat?

Pecel memang terkenal dengan sayuran rebus yang dicampur dengan bumbu kacang. Namun, ada banyak variasi pecel yang bisa kamu coba. Beberapa contoh variasi pecel yang populer di Indonesia antara lain pecel tempe, pecel ayam, pecel udang, dan pecel lele.

TRENDING 🔥  Cara Perpanjang SIM C

Bisakah Pecel Disimpan dalam Kulkas?

Ya, kamu bisa menyimpan pecel dalam kulkas. Namun, disarankan untuk menghindari menyimpan pecel terlalu lama karena bumbu kacang bisa mengendap dan tekstur sayuran yang mulai layu. Sebaiknya, jika ingin menyimpan pecel dalam kulkas, jangan lebih dari 1 hari.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Sayuran?

Banyak sayuran yang memiliki rasa pahit seperti kangkung dan kubis. Untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran, kamu bisa merebusnya dengan air garam atau air jeruk nipis. Caranya cukup mudah, tambahkan air garam atau air jeruk nipis saat merebus sayuran. Kemudian, tiriskan dan cuci sayuran dengan air dingin. Rasa pahit pada sayuran akan berkurang setelah diolah dengan cara ini.

Apakah Pecel Cocok untuk Diet?

Tentu saja, pecel cocok untuk diet. Kandungan gizi pada pecel sangat baik untuk tubuh, terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat. Sayuran dalam pecel mengandung serat yang membantu sistem pencernaan dan menjaga kolesterol dalam tubuh. Sedangkan, bumbu kacang yang digunakan juga kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin E.

Bisakah Pecel Dikonsumsi untuk Sarapan?

Tentu saja. Pecel adalah hidangan yang cocok untuk sarapan karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, pecel juga mudah disiapkan dan cepat dimasak. Kamu hanya perlu merebus sayuran dan membuat bumbu kacang pecel. Sarapan dengan pecel akan memberikanmu energi yang cukup untuk memulai aktivitas harian.

Apa Saja Sayuran yang Bisa Digunakan untuk Membuat Pecel?

Pecel biasanya mengandalkan sayuran segar yang direbus dengan sedikit garam. Sayuran yang sering digunakan untuk membuat pecel antara lain kubis, kacang panjang, kangkung, dan taoge. Namun, kamu bisa bereksperimen dengan sayuran lain seperti bayam, sawi, atau brokoli untuk membuat variasi pecel yang berbeda.

Penutup

Itulah tadi cara membuat pecel yang lezat dan sehat. Dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan nutrisi, pecel bisa menjadi pilihan hidangan yang cocok untuk kamu yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Selamat mencoba!

Cara Membuat Pecel yang Lezat dan Sehat