Cara Membuat Sambal Pecel

>Halo Sohib EditorOnline! Sambal pecel adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat lezat dan mudah dibuat. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan yang segar dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket. Jika kamu ingin mencoba membuat sambal pecel di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya!

Bahan-bahan

Untuk membuat sambal pecel, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

Daun singkong 250 gram
Cabai merah 10 biji
Cabai rawit 5 biji
Cabe hijau 5 biji
Terasi 1 sendok makan
Gula merah 2 sendok makan
Kacang tanah 100 gram
Air jeruk limau 2 sendok makan
Garam secukupnya

Langkah-langkah

1. Memasak daun singkong

Pertama-tama, rebus daun singkong selama sekitar 5 menit hingga matang. Setelah itu, tiriskan dan haluskan daun singkong di dalam cobek.

2. Membuat bumbu sambal

Haluskan cabai merah, cabai rawit, cabe hijau, terasi, gula merah, dan kacang tanah di dalam cobek. Tambahkan sedikit air jeruk limau dan garam secukupnya. Aduk hingga bumbu tercampur rata.

3. Campurkan bumbu sambal dengan daun singkong

Setelah bumbu sambal tercampur rata, campurkan dengan daun singkong. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan sambal pecel siap untuk disajikan.

FAQ (Pertanyaan Yang Sering Diajukan)

1. Apa bedanya sambal pecel dengan sambal lainnya?

Sambal pecel memiliki bahan dasar daun singkong yang memberikan rasa unik dan segar pada sambal tersebut. Selain itu, sambal pecel juga memiliki campuran kacang tanah yang memberikan rasa gurih pada sambal tersebut.

2. Apakah sambal pecel pedas?

Ya, sambal pecel biasanya pedas karena menggunakan cabai merah dan cabai rawit. Namun, kamu bisa mengurangi jumlah cabai jika ingin sambal pecel yang lebih mild.

3. Apa saja makanan yang cocok disajikan dengan sambal pecel?

Sambal pecel biasanya disajikan dengan nasi, sayur-sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, mentimun, dan taoge. Kamu juga bisa mencoba menyajikan sambal pecel dengan mie, tahu, atau tempe.

4. Apakah sambal pecel bisa disimpan?

Ya, sambal pecel bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, disarankan untuk segera memakannya agar rasa dan aroma sambal pecel tetap segar.

TRENDING 🔥  Cara Mengirim Paket Lewat Pos: Panduan Lengkap Sohib EditorOnline

5. Apakah sambal pecel hanya bisa dibuat dengan daun singkong?

Tidak, kamu juga bisa mencoba membuat sambal pecel dengan bahan dasar sayuran lain seperti kangkung atau bayam. Namun, rasanya akan sedikit berbeda dari sambal pecel yang menggunakan daun singkong.

Cara Membuat Sambal Pecel