Cara Membuat Rawon Ayam

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini saya akan berbagi resep rawon ayam yang enak dan mudah dibuat. Rawon ayam adalah salah satu masakan khas Jawa Timur yang terkenal dengan kelezatannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rawon ayam pun cukup mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket. Yuk simak cara membuatnya!

Bahan-bahan:

Berikut ini adalah bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat rawon ayam:

Bahan Jumlah
Daging ayam 500 gram
Bumbu halus 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 5 buah cabai merah
Kecap manis 2 sendok makan
Gula merah 100 gram
Terasi 1 sendok teh
Jaeran kunyit, jahe, lengkuas 1 ruas jari masing-masing
Daun salam 5 lembar
Serai 2 batang
Air Secukupnya
Garam Secukupnya
Lengkuas 1 ruas jari

Cara Membuat:

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rawon ayam:

1. Membuat Bumbu Halus

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah dengan blender atau ulekan. Tambahkan terasi dan jahe kunyit, dan lengkuas yang sudah dipotong-potong. Haluskan kembali semua bahan tersebut hingga halus.

2. Merebus Daging Ayam

Rebus daging ayam dalam air hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan air rebusannya. Potong daging ayam menjadi potongan-potongan kecil sesuai selera.

3. Membuat Rawon Ayam

Panaskan minyak di atas wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk rata. Tambahkan gula merah, kecap manis, dan potongan daging ayam. Aduk rata dan masukkan kembali air rebusan daging ayam yang sudah di tiriskan tadi. Tambahkan garam secukupnya.

4. Memasak Hingga Matang

Masak semua bahan hingga matang dan bumbu meresap ke dalam daging ayam. Periksa rasa, jika kurang asin atau manis bisa ditambahkan garam atau kecap manis sesuai selera.

5. Sajikan

Sajikan rawon ayam yang sudah matang dalam mangkuk. Anda bisa menambahkan pelengkap seperti irisan daun bawang, tauge, atau emping goreng. Nikmati rawon ayam yang lezat ini bersama keluarga atau sahabat terdekat.

FAQ:

1. Apakah rawon ayam hanya bisa dibuat menggunakan daging ayam?

Tidak, anda juga bisa menggunakan daging sapi atau daging kambing sesuai selera.

2. Kenapa saya harus merebus daging ayam terlebih dahulu?

Merebus daging ayam terlebih dahulu bertujuan untuk membuang kotoran, kuman ataupun bakteri yang ada di dalam daging ayam sehingga aman dikonsumsi.

TRENDING 🔥  Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

3. Apakah saya bisa menambahkan bahan lain dalam membuat rawon ayam?

Tentu saja, anda bisa menambahkan bahan atau sayuran lain seperti kentang, wortel, daun bawang dan lain-lain sesuai selera.

4. Apakah rawon ayam pedas?

Rawon ayam memang memiliki rasa pedas, tetapi tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan. Jika tidak suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

5. Apakah rawon ayam bisa disimpan dalam kulkas?

Bisa, rawon ayam bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun disarankan untuk segera dihabiskan karena semakin lama disimpan, semakin berkurang rasa dan aromanya. Panaskan kembali sebelum disajikan.

6. Apa yang bisa menjadi pelengkap untuk rawon ayam?

Selain tauge dan irisan daun bawang, emping goreng dan sambal juga bisa menjadi pelengkap untuk rawon ayam.

7. Bagaimana cara membuat rawon ayam yang lebih enak?

Salah satu cara membuat rawon ayam yang lebih enak adalah dengan menambahkan kaldu tulang ayam atau daging sapi saat merebus air untuk memasak daging ayam. Selain itu, bisa juga menambahkan santan untuk memberikan rasa lebih creamy pada kuah rawon ayam.

Cara Membuat Rawon Ayam