Cara Membuat Udang Goreng Tepung Sederhana

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu suka makanan yang digoreng? Apalagi jika itu udang yang lezat dan renyah. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara membuat udang goreng tepung sederhana yang pasti bikin perut kamu kenyang dan lidah kamu bergoyang.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Pertama-tama, mari kita melihat bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat udang goreng tepung sederhana. Berikut adalah daftar bahan:

Bahan Jumlah
Udang 500 gram
Tepung terigu 1 cangkir
Tepung jagung 1/2 cangkir
Baking powder 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Lada hitam 1/2 sendok teh
Tepung roti 1/2 cangkir
Telur 2 butir
Air dingin 1 cangkir
Minyak sayur untuk menggoreng

Jangan lupa juga persiapan-persiapan berikut:

  • Membersihkan udang
  • Menyiapkan wadah untuk adonan tepung
  • Menyiapkan wadah untuk telur kocok
  • Menyiapkan wadah untuk tepung roti
  • Menyiapkan wajan untuk menggoreng

Cara Membuat Udang Goreng Tepung

Langkah 1: Mencuci dan Memotong Udang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan dan memotong udang. Cuci udang dengan air dingin dan keringkan dengan kain bersih.

Langkah 2: Membuat Adonan Tepung

Kemudian, kita harus membuat adonan tepung. Campurkan tepung terigu, tepung jagung, baking powder, garam, dan lada hitam dalam wadah yang berbeda. Kemudian, aduk rata dan saring agar tidak ada gumpalan.

Langkah 3: Menyiapkan Telur Kocok dan Tepung Roti

Setelah membuat adonan tepung, sekarang saatnya menyiapkan telur kocok dan tepung roti. Kocok telur dalam sebuah wadah dan taruh tepung roti di wadah lainnya.

Langkah 4: Mencelup Udang ke Adonan Tepung

Setelah semua bahan siap, langkah berikutnya adalah mencelupkan udang ke adonan tepung. Celupkan udang ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaan udang terlapisi oleh tepung.

Langkah 5: Mencelup Udang ke Tepung Roti dan Telur

Setelah mencelupkan udang ke adonan tepung, selanjutnya kita harus melumuri udang dengan telur kocok dan tepung roti secara bergantian. Pastikan udang terlapisi rata oleh telur dan tepung roti.

Langkah 6: Menggoreng Udang

Sekarang saatnya menggoreng udang. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng udang hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan udang menggunakan tisu dapur agar minyak yang menempel di udang tidak terlalu banyak.

TRENDING 🔥  cara menambah akun di instagram

Langkah 7: Sajikan Udang Goreng Tepung Sederhana

Udang goreng tepung yang lezat dan renyah siap untuk disajikan. Kamu bisa menikmatinya dengan sambal atau saus kesukaanmu.

FAQ

1. Bolehkah Menggunakan Tepung Beras?

Tentu saja. Kamu bisa mengganti tepung terigu dengan tepung beras untuk membuat udang goreng tepung sederhana yang lebih renyah.

2. Berapa Lama Udang Harus Digoreng?

Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng udang tergantung pada ukuran udang dan jumlah minyak dalam wajan. Secara umum, udang bisa digoreng selama 2-3 menit atau sampai kecoklatan.

3. Apakah Bisa Menggoreng Udang Tanpa Tepung Roti?

Tentu saja. Tepung roti memberikan rasa dan tekstur yang renyah pada udang goreng tepung. Namun, jika kamu tidak memiliki tepung roti, kamu masih bisa membuat udang goreng tepung dengan menggunakan tepung terigu atau tepung jagung.

4. Bagaimana Cara Memelihara Udang Goreng Tepung Agar Tetap Renyah?

Untuk memelihara udang goreng tepung agar tetap renyah, simpanlah udang di atas saringan agar udang tidak terlalu banyak menempel dengan minyak. Jangan menumpuk udang satu sama lain karena hal tersebut bisa membuatnya menjadi lembab.

5. Bisakah Menggoreng Udang Tanpa Mengupas Kulitnya?

Iya, kamu bisa menggoreng udang dengan kulitnya. Namun, kulit udang yang keriput bisa membuat rasa udang menjadi tidak enak.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat udang goreng tepung sederhana yang lezat dan renyah. Ingatlah untuk mencuci dan memotong udang dengan baik, membuat adonan tepung yang baik, dan menggoreng udang dengan tepat. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

Cara Membuat Udang Goreng Tepung Sederhana