Cara Mengalikan Pecahan Campuran

>Hello Sohib EditorOnline! In this article, we will discuss the procedure of multiplying mixed fractions in a relaxed Indonesian language. This topic is important because it is frequently used in school mathematics and daily life. With the right approach and understanding of the concept, multiplying mixed fractions can be an easy task.

Apa Itu Pecahan Campuran?

Sebelum membahas cara mengalikan pecahan campuran, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu pecahan campuran. Pecahan campuran adalah sebuah bilangan pecahan yang terdiri dari bagian bilangan bulat dan bagian pecahan biasa. Contohnya adalah 2 1/3 yang artinya 2 bilangan bulat dan 1/3 pecahan biasa.

Pecahan campuran biasanya digunakan untuk merepresentasikan ukuran yang lebih besar dari satu bilangan bulat dan sebagian kecil dari satuan yang digunakan. Dalam mempelajari matematika, terdapat beberapa operasi yang dapat diterapkan pada pecahan campuran, salah satunya adalah mengalikan pecahan campuran.

Cara Mengalikan Pecahan Campuran

Untuk mengalikan pecahan campuran, kita harus mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan dan menambahkan pembilangnya.
  2. Kalikan kedua pecahan biasa, yaitu pecahan yang diperoleh dari pecahan campuran pada langkah pertama.
  3. Jika hasil perkalian merupakan pecahan biasa, sederhanakan pecahan tersebut hingga bentuk paling sederhana.
  4. Ubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran. Caranya adalah dengan membagi pembilang hasil perkalian pada penyebutnya. Bagian bilangan bulat berasal dari hasil pembagian tersebut, dan sisanya menjadi pembilang pecahan.

Contoh

Misalnya kita ingin mengalikan 2 1/3 dengan 1 2/5. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah Pecahan Campuran Pecahan Biasa
1 2 1/3 (2 x 3 + 1) / 3 = 7/3
1 2/5 (1 x 5 + 2) / 5 = 7/5
2 7/3 x 7/5 = 49/15
3 49/15 3 1/5

Jadi hasil perkaliannya adalah 3 1/5. Dalam bentuk pecahan campuran, hasilnya sama dengan 3 1/5.

FAQ

1. Apakah mengalikan pecahan campuran sulit?

Mengalikan pecahan campuran tidak sulit jika kita memahami langkah-langkahnya dengan benar. Dengan latihan teratur, kita juga dapat menguasai keahlian ini dengan mudah.

2. Apakah langkah-langkah mengalikan pecahan campuran sama dengan pecahan biasa?

Langkah-langkah untuk mengalikan pecahan campuran sebenarnya sama dengan pecahan biasa. Yang berbeda adalah langkah pertama, yaitu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kertas: Panduan Lengkap

3. Apakah hasil perkalian pecahan campuran selalu dalam bentuk pecahan campuran juga?

Tidak selalu. Jika hasil perkalian merupakan pecahan biasa, kita harus menyerahkan pecahan tersebut menjadi bentuk paling sederhana. Namun, jika hasil perkaliannya merupakan pecahan campuran, maka kita tidak perlu men-sederhanakan lagi.

4. Apakah mengalikan pecahan campuran sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Ya, mengalikan pecahan campuran sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam menghitung luas atau volume sebuah bangunan, menghitung jarak, atau dalam perhitungan keuangan seperti menghitung harga total barang yang dibeli.

5. Apakah ada cara lain untuk mengalikan pecahan campuran?

Tidak ada cara lain. Langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas adalah satu-satunya cara untuk mengalikan pecahan campuran dengan benar.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami langkah-langkah untuk mengalikan pecahan campuran dengan mudah. Penting untuk diingat bahwa dengan latihan dan pemahaman yang cukup, mengalikan pecahan campuran akan menjadi tugas yang mudah. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan memperdalam pengetahuan matematika Anda!

Cara Mengalikan Pecahan Campuran