Cara Membuat Candil Ubi

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara membuat candil ubi. Candil ubi merupakan salah satu jenis jajanan tradisional Indonesia yang sudah sangat terkenal. Biasanya, candil ubi disajikan dalam bentuk bola-bola kecil yang kenyal dan lembut, dengan rasa manis yang enak.

Bahan-bahan

Untuk membuat candil ubi, Anda akan memerlukan beberapa bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Ubi jalar 300 gram
Tepung ketan 100 gram
Gula merah 150 gram
Air secukupnya
Garam secukupnya
Pewarna makanan (opsional)

Anda juga akan memerlukan alat-alat berikut:

  • Wadah
  • Blender/mesin penggiling
  • Panci
  • Sendok

Langkah Membuat

1. Kukus ubi jalar

Langkah pertama untuk membuat candil ubi adalah dengan mengukus ubi jalar terlebih dahulu. Cuci bersih ubi jalar, kupas kulitnya, dan potong-potong. Kemudian, kukus ubi jalar hingga empuk. Jika sudah empuk, angkat dan biarkan dingin.

2. Blender ubi jalar

Selanjutnya, blender atau giling ubi jalar hingga halus. Anda bisa menambahkan sedikit air jika perlu, agar hasilnya lebih lembut dan mudah dibentuk.

3. Campur adonan

Campurkan ubi jalar yang sudah halus dengan tepung ketan dan garam, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil seukuran kelereng.

4. Rebus bola-bola ubi

Rebus bola-bola ubi dalam air mendidih hingga bola-bola tersebut float atau mengapung. Kemudian, angkat dan tiriskan bola-bola ubi.

5. Buat sirop gula merah

Potong gula merah menjadi kecil-kecil dan rebus dengan air hingga gula merah larut dan membentuk sirop. Jika ingin, Anda bisa menambahkan pewarna makanan agar sirop terlihat lebih menarik.

6. Sajikan candil ubi

Sajikan bola-bola ubi yang sudah direbus dengan sirop gula merah yang sudah dibuat. Candil ubi siap disajikan!

FAQ

1. Apa bedanya candil ubi dengan klepon?

Candil ubi dan klepon sebenarnya hampir sama, hanya saja bahan utama pembuatannya berbeda. Klepon dibuat dengan tepung ketan dan memiliki isi gula merah, sedangkan candil ubi dibuat dengan ubi jalar dan tepung ketan.

2. Bisakah menggunakan gula pasir untuk sirop?

Tentu saja bisa. Namun, jika menggunakan gula pasir, hasil siropnya akan berbeda dari sirop gula merah yang sebenarnya. Sirop gula merah memiliki rasa khas yang berbeda dan memberikan aroma yang lebih kuat pada candil ubi.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Wasir - Tips dan Solusi untuk Menghindari Masalah Kesehatan

3. Apa pilihan pewarna yang baik untuk candil ubi?

Anda bisa menggunakan pewarna makanan apa saja yang Anda suka, tergantung selera. Beberapa pilihan pewarna yang umum digunakan untuk candil ubi antara lain merah, hijau, dan kuning.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat candil ubi?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat candil ubi sekitar 1-2 jam, tergantung pada pengalaman dan keahlian Anda dalam membuatnya.

5. Bisakah membuat candil ubi tanpa blender?

Bisa saja. Anda bisa menggiling ubi jalar secara manual menggunakan cobek atau alat giling lainnya. Namun, penggunaan blender akan lebih memudahkan proses penghalusan ubi jalar dan menghasilkan adonan yang lebih lembut.

Cara Membuat Candil Ubi