Cara Membuat Kue Cubit

>Halo Sohib EditorOnline! Kue cubit adalah salah satu kudapan yang sangat populer di Indonesia. Kue ini biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan susu. Bentuknya yang kecil dan bulat membuatnya sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan kapan saja. Nah, pada artikel ini kita akan membahas cara membuat kue cubit yang lezat dan gurih. Yuk, simak!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 150 gram
Telur ayam 4 butir
Susu cair 200 ml
Vanili 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Margarin 50 gram

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat kue cubit!

Langkah 1: Campurkan Tepung Terigu, Gula, dan Telur

Pertama-tama, siapkan mangkuk dan campurkan tepung terigu, gula, dan telur. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduknya agar adonan tidak terlalu kental.

Tips:

Jika adonannya terlalu kental, tambahkan sedikit susu cair untuk membuatnya lebih cair.

Langkah 2: Tambahkan Susu Cair dan Vanili

Selanjutnya, tuangkan susu cair dan vanili ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan tidak ada gumpalan di dalam adonan.

Tips:

Untuk rasa yang lebih gurih, Anda bisa menambahkan sedikit keju parut ke dalam adonan.

Langkah 3: Tambahkan Garam dan Margarin Cair

Selanjutnya, tambahkan garam dan margarin cair ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Margarin berfungsi untuk membuat adonan lebih lembut dan empuk.

Tips:

Untuk membuat adonan lebih cepat matang, Anda bisa menambahkan 1/2 sendok teh baking powder.

Langkah 4: Panaskan Wajan Kue Cubit

Setelah adonan siap, panaskan wajan kue cubit dengan api sedang. Oleskan sedikit margarin dan tunggu hingga wajan panas.

Tips:

Jika Anda tidak memiliki wajan kue cubit, Anda bisa menggunakan wajan biasa yang bentuknya bulat. Namun, pastikan mengoleskan margarin yang cukup agar kue tidak lengket di wajan.

Langkah 5: Tuangkan Adonan ke dalam Wajan

Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam wajan menggunakan sendok kecil. Jangan terlalu penuh agar kue dapat mengembang dengan baik. Tunggu hingga muncul gelembung di atas adonan.

Tips:

Anda bisa menambahkan potongan cokelat ke dalam adonan sebelum dituangkan ke dalam wajan.

TRENDING 🔥  Cara Menghargai Keragaman Budaya yang Ada di Indonesia Adalah

Langkah 6: Balik Kue dan Biarkan Matang

Setelah gelembung muncul, balik kue menggunakan tusuk gigi atau lidi. Biarkan kue matang di kedua sisi hingga berwarna kecokelatan.

Tips:

Jangan tekan kue saat membaliknya agar teksturnya tidak menjadi keras.

Langkah 7: Angkat Kue dan Sajikan

Terakhir, angkat kue dan letakkan di atas piring. Ulangi langkah 5-7 sampai adonan habis. Kue cubit siap disajikan dan dinikmati sebagai camilan.

FAQ

1. Apa yang membuat kue cubit lezat dan gurih?

Kue cubit yang lezat dan gurih biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, susu, vanili, garam, dan margarin. Selain itu, Anda bisa menambahkan keju parut atau cokelat ke dalam adonan untuk rasa yang lebih gurih.

2. Apa yang membuat kue cubit empuk?

Margarin adalah bahan yang membuat kue cubit empuk. Pastikan Anda menggunakan margarin cair saat membuat adonan agar kue bisa lebih empuk dan lembut.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu kental?

Jika adonan terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit susu cair ke dalam adonan agar adonan menjadi lebih cair. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan susu cair agar adonan tidak terlalu encer.

4. Apa yang harus dilakukan jika kue cubit lengket di wajan?

Jika kue cubit lengket di wajan, pastikan Anda sudah mengoleskan margarin yang cukup sebelum menuangkan adonan ke dalam wajan. Anda juga bisa menggunakan wajan anti lengket untuk menghindari lengketnya kue cubit di wajan.

5. Apa yang harus dilakukan jika adonan tidak mengembang?

Jika adonan tidak mengembang, pastikan Anda sudah menambahkan baking powder ke dalam adonan. Baking powder berfungsi agar adonan lebih mengembang saat dipanaskan di wajan.

Sekian tutorial cara membuat kue cubit yang lezat dan gurih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Kue Cubit