Cara Membuat Nastar Nanas untuk Sohib EditorOnline

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu suka dengan kue kering yang manis dan renyah? Jika iya, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nastar nanas. Nastar nanas adalah salah satu jenis kue kering asal Indonesia yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa nanas yang segar. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat nastar nanas yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat nastar nanas, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Maizena 50 gram
Gula halus 100 gram
Margarin 200 gram
Kuning telur 4 butir
Nanas parut 150 gram
Vanili 1 sendok teh
Susu kental manis 1 sendok makan

Setelah kamu menyiapkan semua bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa tahapan dalam membuat nastar nanas. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut:

Langkah Pertama: Membuat Adonan

Langkah pertama dalam membuat nastar nanas adalah membuat adonan. Caranya, campurkan tepung terigu, maizena, gula halus, dan vanili dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Selanjutnya, masukkan margarin ke dalam adonan dan uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan menjadi lembut dan kalis. Setelah itu, tambahkan kuning telur ke dalam adonan dan uleni kembali hingga semuanya tercampur rata.

Langkah Kedua: Membuat Isian Nanas

Setelah adonan nastar selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat isian nastar nanas. Caranya, campurkan nanas parut dan susu kental manis ke dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.

Langkah Ketiga: Membentuk Adonan dan Isian Nanas

Setelah adonan dan isian selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membentuk adonan dan isian menjadi bola-bola kecil. Ambil adonan sebesar kelereng dan pipihkan hingga berbentuk lingkaran. Setelah itu, tambahkan isian nanas ke dalam adonan dan bulatkan.

Langkah Keempat: Memanggang Nastar Nanas

Setelah semua bola-bola nastar nanas selesai dibentuk, langkah terakhir adalah memanggangnya. Letakkan bola-bola nastar nanas di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas baking atau oleskan sedikit margarin agar tidak lengket.

Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Setelah itu, masukkan loyang yang berisi bola-bola nastar nanas ke dalam oven dan panggang selama 20-25 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.

Cara Menyajikan Nastar Nanas

Setelah nastar nanas dingin, kamu bisa menyajikannya untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Nastar nanas yang telah matang banyak dijual di toko kue atau supermarket, namun membuatnya sendiri di rumah pasti lebih menyenangkan.

TRENDING 🔥  Cara Memasang Gas Portable

FAQ

1. Bisakah Saya Menggunakan Mentega sebagai Pengganti Margarin?

Bisakah saya menggunakan mentega sebagai pengganti margarin dalam resep nastar ini? Ya, kamu bisa menggunakan mentega sebagai pengganti margarin dalam resep ini. Namun, pastikan untuk menggunakan mentega yang berkualitas baik agar rasa nastar tidak berubah.

2. Bisakah Saya Menggunakan Tepung Terigu Protein Rendah?

Bisakah saya menggunakan tepung terigu protein rendah dalam resep nastar ini? Tidak disarankan. Karena tepung terigu protein rendah akan membuat adonan nastar menjadi lebih lembut dan mudah rapuh saat dipanggang. Sebaiknya gunakan tepung terigu protein sedang atau tinggi.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Nastar Sulit Dibentuk?

Jika adonan nastar terlalu lembek dan sulit dibentuk, kamu bisa menambahkan sedikit tepung terigu hingga adonan bisa dibentuk dengan mudah. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan tepung terigu karena dapat membuat tekstur nastar menjadi keras dan tidak renyah.

4. Berapa Lama Nastar Nanas Dapat Disimpan?

Nastar nanas yang telah matang bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di dalam kulkas selama 7-10 hari. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sebelum tanggal kadaluwarsa.

5. Bisakah Saya Menggunakan Nanas Kaleng sebagai Pengganti Nanas Segar?

Bisakah saya menggunakan nanas kaleng sebagai pengganti nanas segar dalam resep nastar ini? Bisa, namun sebaiknya jangan. Nanas kaleng memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan nanas segar, sehingga bisa membuat isian nastar menjadi lebih basah dan sulit diolah.

Itulah cara membuat nastar nanas yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah, Sohib EditorOnline. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Nastar Nanas untuk Sohib EditorOnline