Cara Membuat Pempek Adaan

>Halo Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat pempek adaan. Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Pempek adaan adalah salah satu jenis pempek yang paling populer di Indonesia. Banyak orang yang menyukai pempek adaan karena rasa dan teksturnya yang unik. Nah, jika Sohib EditorOnline ingin mencoba membuat pempek adaan sendiri, simak artikel ini sampai selesai ya!

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pempek adaan, pastikan Sohib EditorOnline sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Ikan tenggiri 500 gram
Tepung sagu 250 gram
Bawang putih 3 siung
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Kecap manis secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan

1. Cuci dan Potong Ikan

Pertama-tama, cuci bersih ikan tenggiri dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian haluskan ikan menggunakan food processor atau blender. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit.

2. Tambahkan Tepung Sagu

Setelah ikan didiamkan, tambahkan tepung sagu sedikit-sedikit sambil diaduk. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Diamkan selama 15 menit.

3. Bentuk Adonan

Setelah diamkan, ambil sejumput adonan dan bentuk bulat pipih atau sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis.

4. Rebus Pempek

Panaskan air dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Masukkan pempek ke dalam air dan biarkan hingga pempek mengapung. Angkat dan tiriskan.

5. Sajikan dengan Saus

Sajikan pempek adaan dengan saus kecap manis dan irisan bawang putih. Selamat menikmati!

Tips Membuat Pempek Adaan yang Enak

1. Gunakan Ikan yang Segar

Pempek adaan yang enak membutuhkan ikan yang segar. Pastikan ikan yang digunakan masih dalam kondisi segar agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Jangan Terlalu Banyak Tepung

Agar pempek tidak terlalu kental dan terasa alot, jangan terlalu banyak menggunakan tepung sagu. Perbandingan antara ikan dan tepung sagu harus dijaga agar pempek menjadi empuk dan enak.

3. Rebus dengan Api Sedang

Saat merebus pempek, pastikan api tidak terlalu besar. Rebus dengan api sedang agar pempek matang merata dan tak terpisah-pisah.

TRENDING 🔥  Cara Masak: 20 Consecutive Headings for Indonesian Cooking

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Pempek Adaan Berbeda dengan Pempek Lainnya?

Ya, pempek adaan memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dengan pempek lainnya. Pempek adaan lebih empuk dan memiliki rasa yang lebih gurih.

2. Apakah Pempek Adaan Sulit Dibuat?

Tidak, pempek adaan cukup mudah dibuat. Yang perlu diperhatikan adalah perbandingan antara ikan dan tepung sagu, serta teknik merebusnya.

3. Apakah Pempek Adaan Sehat untuk Dikonsumsi?

Pempek adaan mengandung banyak protein dari ikan serta karbohidrat dari tepung sagu. Namun, pempek adaan juga mengandung lemak dan garam yang cukup tinggi. Sebaiknya konsumsi pempek adaan dengan secukupnya ya!

Demikian artikel tentang cara membuat pempek adaan. Semoga bermanfaat dan sukses mencoba membuatnya!

Cara Membuat Pempek Adaan