Cara Memasak Udang Yang Enak

>Halo Sohib EditorOnline, bingung memasak udang yang enak? Tidak perlu khawatir lagi karena kami akan memberikan panduan lengkap cara memasak udang yang enak dan lezat untuk kamu coba di rumah.

1. Pilih Udang yang Segar

Langkah pertama dalam memasak udang adalah memilih udang yang segar. Pastikan udang yang kamu beli tidak berbau amis dan tidak lengket. Kamu bisa membeli udang yang sudah dikupas atau beli udang dengan kulitnya.

Jika membeli udang dengan kulitnya, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu sebelum dimasak. Cuci udang dengan air mengalir dan kupas kulit serta kepala udang.

Setelah itu, buang juga usus pada bagian punggung udang menggunakan pisau kecil. Usahakan membersihkan usus dengan cara hati-hati sehingga udang tidak rusak.

Setelah dibersihkan, cuci kembali udang dengan air bersih dan tiriskan.

2. Gunakan Bumbu yang Tepat

Pada dasarnya, bumbu untuk memasak udang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, ada beberapa bumbu yang umumnya digunakan seperti bawang putih, bawang merah, cabe rawit, daun jeruk, dan jahe.

Bumbu-bumbu tersebut bisa dihaluskan menggunakan blender atau ulekan. Kemudian, tumis bumbu hingga harum dan masukkan udang.

Jangan terlalu lama menggoreng udang karena bisa membuatnya keras dan kering. Jadi, masaklah udang hanya sampai berubah warna menjadi merah kekuningan.

3. Cara Memasak Udang yang Beragam

Ada berbagai cara memasak udang yang bisa kamu coba, seperti:

3.1. Udang Goreng Saus Tiram

Rebus udang dalam air mendidih selama 2-3 menit atau sampai udang berubah warna. Tiriskan dan biarkan dingin.

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan saus tiram, kecap manis, air, dan garam. Aduk rata dan masak hingga mendidih.

Masukkan udang dan tumis hingga merata dengan saus. Sajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya.

3.2. Udang Goreng Tepung Crispy

Siapkan tepung crispy, telur, dan udang yang sudah dibersihkan. Celupkan udang ke dalam telur dan gulingkan ke dalam tepung crispy.

Goreng udang dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Tiriskan dan sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

3.3. Udang Tumis Bawang Putih

Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang dan tambahkan kecap manis, gula pasir, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga udang matang.

Sajikan udang dengan potongan bawang daun di atasnya.

4. Tips Memasak Udang

Berikut adalah beberapa tips memasak udang yang enak:

TRENDING 🔥  Cara Mematikan Laptop dengan Tombol

4.1. Jangan Terlalu Lama Memasak Udang

Jangan terlalu lama memasak udang karena bisa membuatnya keras dan kering. Cukup masak udang selama 2-3 menit atau sampai berubah warna menjadi merah kekuningan.

4.2. Pilih Minyak yang Tepat

Gunakan minyak goreng yang tidak terlalu banyak busa dan punya titik asap tinggi seperti minyak kelapa atau minyak sayur. Hindari menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan berulang kali.

4.3. Beri Rasa Asam pada Udang Kuah

Jika kamu ingin membuat udang kuah, beri sedikit rasa asam dengan menambahkan air jeruk nipis atau air lemon. Rasanya akan lebih segar dan enak.

5. FAQ

Apa itu cara memasak udang yang enak?

Cara memasak udang yang enak adalah dengan memilih udang segar, menggunakan bumbu yang tepat, dan memasaknya dengan cara yang beragam.

Bagaimana cara membersihkan udang?

Cuci udang dengan air mengalir dan kupas kulit serta kepala udang. Buang juga usus pada bagian punggung udang menggunakan pisau kecil. Kemudian, cuci kembali udang dengan air bersih dan tiriskan.

Apa saja bumbu yang digunakan untuk memasak udang?

Bumbu yang umumnya digunakan untuk memasak udang adalah bawang putih, bawang merah, cabe rawit, daun jeruk, dan jahe.

Itulah panduan lengkap cara memasak udang yang enak dan lezat. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk mencicipi hasilnya!

Cara Memasak Udang Yang Enak