Cara Membuat Keripik Tempe untuk Dijual

>

Cara Membuat Keripik Tempe untuk Dijual

Halo Sohib EditorOnline, bagaimana kabarmu hari ini? Kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana membuat keripik tempe yang enak dan cocok untuk dijual. Keripik tempe merupakan salah satu makanan ringan yang sangat populer di Indonesia dan banyak diminati oleh masyarakat. Dalam artikel ini, saya akan membagikan rahasia untuk membuat keripik tempe yang renyah dan lezat. Simak terus ya!

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat keripik tempe, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. Tempe 500 gram
2. Tepung beras 100 gram
3. Bawang putih 3 siung
4. Garam secukupnya
5. Merica bubuk secukupnya

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa menambahkan bahan lain yang sesuai dengan selera. Misalnya, cabai bubuk, ketumbar bubuk, atau wijen.

2. Potong-Potong Tempe

Pertama-tama, potong-potong tempe menjadi irisan tipis. Ukuran irisan bisa disesuaikan dengan selera. Namun, pastikan irisan tempe tidak terlalu tebal atau terlalu tipis agar hasilnya nantinya bisa renyah dan enak.

Setelah dipotong, rendam irisan tempe dalam air garam selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada tempe.

3. Haluskan Bawang Putih

Selanjutnya, haluskan bawang putih menggunakan blender atau ulekan. Jangan terlalu halus karena bawang putih yang masih kasar akan memberikan kelezatan pada keripik tempe.

4. Campurkan Bahan Pembungkus

Setelah itu, campurkan tepung beras, bawang putih, garam, dan merica bubuk dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Tepung beras berfungsi sebagai bahan pembungkus untuk irisan tempe.

5. Goreng Tempe

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Ambil satu persatu irisan tempe dan celupkan ke dalam campuran tepung beras dan bumbu. Pastikan irisan tempe terbalut dengan rata oleh campuran tepung beras dan bumbu.

Goreng irisan tempe dalam minyak panas hingga kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan pada wadah yang dilapisi tisu dapur.

6. Simpan dalam Wadah yang Tertutup

Setelah matang dan dingin, simpan keripik tempe dalam wadah yang tertutup rapat. Keripik tempe bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama asalkan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan ditempatkan di tempat yang kering dan sejuk.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Rambut Panjang: Tips dan Trik Efektif

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama irisan tempe harus direndam dalam air garam?

Irisan tempe sebaiknya direndam dalam air garam selama 10-15 menit.

2. Apa yang harus dilakukan jika tepung beras terlalu kental atau terlalu encer?

Jika tepung beras terlalu kental, tambahkan sedikit air hingga campuran tepung beras dan bumbu memiliki konsistensi yang tepat. Jika tepung beras terlalu encer, tambahkan tepung beras secukupnya.

3. Apakah keripik tempe bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, keripik tempe bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama asalkan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan ditempatkan di tempat yang kering dan sejuk.

4. Apakah bahan-bahan yang digunakan bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera?

Tentu saja. Bahan-bahan yang digunakan bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

5. Apakah keripik tempe ini mudah dijual?

Ya, keripik tempe merupakan salah satu makanan ringan yang populer di Indonesia dan banyak diminati oleh masyarakat. Dengan kualitas yang baik, keripik tempe ini bisa mudah dijual.

Cara Membuat Keripik Tempe untuk Dijual