Cara Membuat Kue Mochi

>Hello Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue mochi yang lezat dan mudah untuk dibuat. Mochi merupakan salah satu jenis kue tradisional Jepang yang semakin populer di Indonesia. Kue yang berbentuk bulat ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dan diisi dengan aneka isian seperti kacang merah, green tea, dan stroberi. Mochi memiliki tekstur yang kenyal dan manis, cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kue mochi, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Beras ketan 200 gram
Gula pasir 50 gram
Maizena 50 gram
Garam ¼ sendok teh
Santan 400 ml
Pewarna makanan secukupnya
Isian (kacang merah, green tea, stroberi, dll) secukupnya

Cara Membuat

1. Rendam Beras Ketan

Pertama-tama, rendam beras ketan dalam air selama minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan dan kukus beras ketan selama 30-45 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan.

2. Buat Adonan Mochi

Campurkan beras ketan yang telah dimasak dengan gula, maizena, dan garam. Aduk rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik. Tuang adonan ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan berubah menjadi transparan.

3. Warna Adonan Mochi

Jika ingin memberikan warna pada adonan mochi, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata dan angkat dari kompor. Tuang adonan ke dalam wadah yang telah diolesi dengan minyak goreng agar tidak lengket.

4. Isi Adonan Mochi

Siapkan isian seperti kacang merah, green tea, atau stroberi. Bulatkan isian dan letakkan di atas adonan mochi yang telah dikeluarkan dari wadah. Lipat adonan mochi dan rapatkan ujungnya. Potong-potong mochi menjadi ukuran yang diinginkan.

5. Sajikan

Kue mochi siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Nikmati sensasi kenyal dan manis dari mochi yang lezat!

FAQ

1. Apakah beras ketan harus direndam?

Ya, beras ketan harus direndam minimal 2 jam agar mudah dimasak dan terhindar dari kekeringan saat proses pengukusan.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Polio

2. Bisakah mengganti santan dengan susu?

Tidak disarankan mengganti santan dengan susu karena akan merubah rasa dan tekstur mochi. Namun, jika tidak suka dengan santan, bisa menggunakan air dan margarin sebagai pengganti santan.

3. Apakah pewarna makanan diperlukan?

Tidak, pewarna makanan hanya diperlukan untuk memberikan warna pada adonan mochi jika diinginkan.

4. Bagaimana cara menyimpan kue mochi?

Kue mochi bisa disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es selama 2-3 hari.

5. Apa yang bisa digunakan sebagai isian mochi selain kacang merah, green tea, dan stroberi?

Isian mochi bisa disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan di sekitar kita. Beberapa contoh isian lainnya adalah cokelat, keju, kacang hijau, selai kacang, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Kue Mochi