Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sambal ayam geprek cabe rawit. Sambal ayam geprek adalah salah satu makanan khas Indonesia yang populer, terutama di kalangan anak muda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat sambal ayam geprek yang enak dan pedas dengan menggunakan cabe rawit sebagai bahan utama.

1. Persiapan Bahan

Sebelum memasak sambal ayam geprek, pastikan bahwa semua bahan sudah siap. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

Bahan Jumlah
Ayam fillet 250 gram
Tepung terigu 100 gram
Tepung beras 50 gram
Minyak goreng secukupnya
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 3 siung
Cabe rawit 10 buah
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Tomat 1 buah

Ayam Fillet

Untuk membuat sambal ayam geprek, kita membutuhkan ayam fillet sebagai bahan utama. Pastikan membeli ayam fillet yang segar dan bebas dari tulang. Daging ayam fillet biasanya lebih empuk dan mudah dipotong-potong. Anda juga dapat menggunakan ayam tanpa tulang jika ingin lebih mudah dalam proses memasaknya.

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang sangat penting dalam membuat sambal ayam geprek. Bawang putih memiliki rasa yang khas dan aroma yang harum. Selain itu, bawang putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Memasak menggunakan bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit.

Cabe Rawit

Cabe rawit adalah bahan yang paling penting dalam membuat sambal ayam geprek. Cabe rawit memiliki rasa pedas yang khas dan biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam membuat sambal. Selain itu, cabe rawit juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, seperti meningkatkan metabolisme dan system pencernaan.

2. Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit

Langkah #1: Potong Ayam Fillet

Pertama-tama, potong ayam fillet menjadi beberapa bagian kecil. Potong ayam fillet dengan ukuran kecil-kecil agar lebih mudah saat diolah dan dimasak.

Langkah #2: Campurkan Tepung Terigu dan Beras

Campurkan tepung terigu dan tepung beras menjadi satu adonan. Tepung ini akan digunakan untuk melapisi ayam sebelum digoreng. Anda dapat menambahkan sedikit garam dan merica agar adonan lebih bercita rasa.

Langkah #3: Lumuri Ayam Fillet dengan Adonan Tepung

Lumuri ayam fillet dengan adonan tepung hingga rata. Pastikan semua bagian ayam terlapisi dengan tepung. Setelah itu, sisihkan ayam dalam wadah terpisah.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Nutrijel: Tips & Trik dari Ahlinya

Langkah #4: Goreng Ayam Fillet

Tuang minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan dengan api sedang. Setelah minyak goreng panas, masukkan ayam fillet dan goreng hingga kuning keemasan. Angkat ayam fillet dan tiriskan agar tidak berminyak.

Langkah #5: Haluskan Bumbu

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit dengan blender atau ulegan. Jangan terlalu halus agar tekstur sambal lebih terasa.

Langkah #6: Tumis Bumbu

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu hingga harum dan matang. Setelah itu, tambahkan sedikit garam dan gula secukupnya agar rasa lebih mantap. Matikan api dan sisihkan.

Langkah #7: Hancurkan Bumbu dengan Ulekan

Setelah bumbu sudah dingin, hancurkan dengan ulekan agar tekstur sambal lebih kasar dan enak. Jangan terlalu halus agar rasa cabe lebih terasa.

Langkah #8: Potong Tomat

Potong tomat menjadi irisan kecil-kecil. Sisihkan dalam wadah terpisah.

Langkah #9: Geprek Ayam

Letakkan ayam fillet yang sudah digoreng di atas remah-remah sisa tepung terigu dan tepung beras. Geprek ayam hingga rata dan serata.

Langkah #10: Tambahkan Tomat dan Sambal

Setelah ayam digeprek, tambahkan irisan tomat di atasnya. Kemudian, beri sambal yang sudah dihancurkan dengan ulekan. Sajikan sambal ayam geprek dengan nasi putih hangat.

3. FAQ

Q: Apa saja manfaat kesehatan dari bawang putih?

A: Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit seperti kanker dan jantung.

Q: Apa saja manfaat kesehatan dari cabe rawit?

A: Cabe rawit memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, seperti meningkatkan metabolisme dan system pencernaan, serta membantu mengatasi masalah pernapasan.

Q: Apakah sambal ayam geprek cabe rawit pedas?

A: Ya, sambal ayam geprek cabe rawit memang terkenal sangat pedas. Namun, Anda dapat mengurangi jumlah cabe rawit jika tidak menyukai tingkat kepedasan yang tinggi.

Q: Bisakah saya menggunakan ayam tanpa tulang untuk membuat sambal ayam geprek?

A: Ya, Anda dapat menggunakan ayam tanpa tulang jika ingin lebih mudah dalam proses memasaknya.

Q: Apa yang bisa saya gunakan jika tidak suka dengan ayam fillet?

A: Anda dapat menggunakan daging ayam lainnya, seperti daging ayam tanpa tulang atau daging ayam dengan tulang.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit