Cara Membuat Telur Gulung Tepung

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat telur gulung tepung yang simpel dan mudah. Siapa sih yang tidak suka makanan yang satu ini? Telur gulung tepung merupakan salah satu hidangan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Menu makanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau pun untuk camilan. Simak pembahasannya berikut ini!

Bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum masuk ke pembahasan, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Berikut bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Telur ayam 3 butir
Tepung terigu 4 sendok makan
Bawang putih 1 siung
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Air matang 100 ml
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Siapkan bahan dan peralatan

Pertama-tama, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang akan digunakan. Selain itu, siapkan juga alat dan peralatan yang akan digunakan seperti panci, wadah, sendok dan lain sebagainya.

2. Kocok telur

Selanjutnya, ambil 3 butir telur ayam dan kocok menggunakan wadah. Pastikan telur telah tercampur rata dan berbusa.

3. Masukkan tepung terigu

Selanjutnya, masukkan 4 sendok makan tepung terigu ke dalam kocokan telur. Aduk hingga tepung terigu tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

4. Tambahkan bawang putih, garam, dan lada bubuk

Tambahkan 1 siung bawang putih yang telah diiris halus, garam, dan lada bubuk secukupnya ke dalam adonan telur terigu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

5. Tambahkan air

Selanjutnya, tambahkan air matang sebanyak 100 ml ke dalam campuran adonan telur dan tepung terigu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

6. Panaskan minyak goreng

Panaskan minyak goreng di atas api sedang. Tunggu hingga minyak panas. Setelah minyak cukup panas, segera masukkan adonan telur ke dalam wajan yang telah diberi minyak goreng.

7. Buat telur gulung tipis-tipis

Cetak adonan telur gulung tepung secara tipis-tipis. Gunakan sendok untuk membantu memutar dan membentuk adonan telur agar tidak mudah pecah. Kemudian tahan selama beberapa detik hingga adonan telur terlihat matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

8. Goreng hingga matang

Lakukan cara yang sama hingga seluruh adonan telur habis. Goreng telur gulung tepung hingga kuning keemasan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Menghasilkan Uang di Tiktok

Tips:

Agar telur gulung tepung terlihat lebih menarik saat disajikan, Anda dapat mencampurkan potongan wortel, kubis, atau bahan lainnya ke dalam adonan telur dan tepung terigu.

FAQ

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur gulung tepung?

Untuk membuat telur gulung tepung, Anda membutuhkan telur ayam, tepung terigu, bawang putih, garam, lada bubuk, air matang, dan minyak goreng.

2. Apakah telur gulung tepung dapat disimpan?

Iya, telur gulung tepung dapat disimpan dalam wadah tertutup dalam suhu ruangan atau dalam kulkas selama 1-2 hari.

3. Ada Tips untuk membuat telur gulung tepung?

Agar telur gulung tepung terlihat lebih menarik saat disajikan, Anda dapat mencampurkan potongan wortel, kubis, atau bahan lainnya ke dalam adonan telur dan tepung terigu.

4. Bagaimana cara membuat telur gulung tepung agar tidak mudah pecah?

Untuk membuat telur gulung tepung agar tidak mudah pecah, gunakan api yang tidak terlalu besar dan jangan terlalu sering memutar adonan telur. Gunakan juga sendok untuk membantu membentuk adonan telur agar tidak merusak bentuk adonan.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat telur gulung tepung?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat telur gulung tepung kurang lebih 30 menit.

Cara Membuat Telur Gulung Tepung