Cara Membuat Urap Tradisional

>Salam kenal Sohib EditorOnline, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat urap tradisional. Urap adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari sayuran direntangkan dengan kelapa parut dan bumbu khas. Urap biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai menu pelengkap pada acara-acara tertentu. Nah, berikut ini adalah cara membuat urap tradisional yang enak dan gurih.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat urap tradisional, terlebih dahulu siapkan bahan-bahannya. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Kacang panjang 100 gram
Kacang hijau 100 gram
Daun singkong 100 gram
Daun kemangi 50 gram
Kelapa parut kasar 100 gram
Bumbu halus
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Cabe merah 5 buah
Cabe rawit 3 buah
Kencur 1 ruas jari
Gula merah 1/2 buah
Garam secukupnya

Cara Membuat

1. Menyiapkan Sayuran

Langkah pertama dalam membuat urap tradisional adalah menyiapkan sayuran. Cuci bersih kacang panjang, kacang hijau, dan daun singkong. Potong-potong kacang panjang dan daun singkong menjadi serong, sedangkan kacang hijau disangrai terlebih dahulu. Kemudian kukus sayuran tersebut selama kurang lebih 10-15 menit hingga matang.

2. Membuat Bumbu Halus

Selanjutnya, membuat bumbu halus. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan kencur hingga harum. Setelah itu, blender bumbu tersebut hingga halus. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya.

3. Menambahkan Kelapa Parut

Selanjutnya, tambahkan kelapa parut kasar ke dalam bumbu halus. Aduk rata hingga kelapa tercampur dengan bumbu halus.

4. Mencampur Sayuran

Campurkan sayuran yang telah matang dengan bumbu halus dan kelapa parut. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

5. Menambahkan Kemangi

Terakhir, tambahkan daun kemangi ke dalam campuran urap. Aduk rata kembali dan urap tradisional siap disajikan.

FAQ

1. Apakah urap bisa disimpan?

Ya, urap bisa disimpan di dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama menyimpannya agar rasa dan aroma urap tetap segar.

2. Apa bahan pengganti untuk kelapa parut?

Jika tidak menyukai kelapa atau tidak ada kelapa parut, bisa diganti dengan kacang-kacangan seperti kacang tanah atau kacang almond yang sudah digoreng dan dihaluskan.

TRENDING 🔥  Cara Cek BLT Bansos

3. Apakah urap tradisional bisa dimakan sebagai menu utama?

Urap tradisional biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai menu pelengkap. Namun, tidak ada salahnya jika ingin mengonsumsinya sebagai menu utama.

4. Apakah semua sayuran bisa digunakan untuk membuat urap tradisional?

Ya, semua sayuran bisa dijadikan bahan utama untuk membuat urap tradisional. Namun, biasanya sayuran yang digunakan adalah kacang panjang, kacang hijau, daun singkong, atau daun ubi kayu.

5. Apakah urap bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang diet?

Ya, urap termasuk makanan yang sehat karena mengandung banyak serat dari sayuran dan protein dari kelapa parut. Namun, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsinya karena mengandung banyak kalori dari kelapa parut.

Cara Membuat Urap Tradisional