Cara Bikin Kacang Bawang yang Renyah dan Gurih

>Hello Sohib EditorOnline, welcome to our article on how to make crispy and tasty fried garlic peanuts. This is a popular snack in Indonesia and we will guide you through the steps to make it at home.

Bahan-bahan

Untuk membuat kacang bawang yang enak, ada beberapa bahan yang harus disiapkan:

Bahan Jumlah
Kacang tanah utuh 250 gram
Kecap manis 1 sendok makan
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Bawang putih, cincang halus 3 siung
Minyak goreng secukupnya

Kacang tanah yang utuh lebih direkomendasikan karena ketika digoreng, kacang akan lebih renyah dan gurih. Selain itu, bawang putih yang dicincang halus akan lebih meresap ke dalam kacang.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kacang bawang yang renyah dan gurih:

1. Cuci kacang tanah

Cuci kacang tanah yang sudah dipisahkan dari kulit dan rendam dalam air selama 30 menit.

2. Goreng kacang tanah

Setelah direndam, tiriskan kacang tanah dan goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan. Pastikan minyak cukup banyak agar semua kacang terendam. Goreng hingga kacang berubah warna menjadi kecoklatan.

3. Tiriskan kacang

Tiriskan kacang dan letakkan di atas wadah yang sudah dialasi tisu atau serbet. Tujuannya agar minyak yang menempel pada kacang bisa terserap.

4. Tumis bawang putih

Tumis bawang putih yang sudah dicincang halus hingga harum. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula pasir. Aduk rata.

5. Masukkan kacang

Masukkan kacang yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan dengan bumbu. Aduk rata hingga kacang terbalut dengan bumbu.

6. Panggang kacang

Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celcius. Taruh kacang yang sudah dibalut bumbu pada loyang datar yang sudah dioles minyak tipis. Panggang kacang selama 15 – 20 menit hingga warnanya kecoklatan.

7. Dinginkan

Keluarkan kacang panggang dari oven dan dinginkan sejenak hingga suhu ruangan.

8. Sajikan

Kacang bawang siap disajikan sebagai camilan atau pendamping minuman. Lebih nikmat lagi jika disajikan dalam keadaan hangat.

Tips

Berikut adalah beberapa tips agar kacang bawang yang Anda buat menjadi lebih enak:

1. Pilih kacang yang berkualitas

Gunakan kacang yang berkualitas agar hasilnya lebih maksimal. Kacang yang terkena hama atau terlalu lama disimpan bisa membuat kacang menjadi busuk dan tidak enak.

TRENDING 🔥  Cara Pidato - Tips and Tricks for Confident Public Speaking

2. Minyak yang cukup banyak

Gunakan minyak goreng yang cukup banyak agar semua kacang terendam saat digoreng. Kacang yang tidak terendam akan sulit matang dan tidak renyah.

3. Jangan terlalu banyak bumbu

Jangan terlalu banyak menggunakan bumbu karena bisa membuat kacang terlalu asin atau manis. Rasakan terlebih dahulu bumbunya sebelum menyajikan kacang.

4. Jangan terlalu sering diaduk

Jangan terlalu sering mengaduk kacang ketika dimasak agar tidak pecah atau hancur. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam kacang secara merata.

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan kacang yang sudah dipotong?

Tentu saja bisa, tetapi kacang yang utuh lebih direkomendasikan karena lebih renyah dan gurih. Kacang yang sudah dipotong bisa membuat teksturnya kurang renyah.

2. Apakah wajib memakai kecap manis?

Tidak wajib, tetapi kecap manis memberikan rasa manis dan aroma yang lezat pada kacang. Anda bisa mengganti kecap manis dengan saus tiram atau saus sambal.

3. Bolehkah memakai garam dan gula lebih banyak?

Boleh, tetapi harus disesuaikan dengan selera masing-masing. Jangan terlalu banyak menggunakannya agar hasilnya tidak terlalu asin atau manis.

4. Dapatkah kacang bawang disimpan dalam waktu yang lama?

Dapat disimpan, tetapi pastikan kacang sudah benar-benar dingin dan disimpan dalam wadah yang kedap udara. Kacang bisa bertahan hingga beberapa hari jika disimpan dengan benar.

5. Bisakah kacang bawang dijadikan sebagai oleh-oleh?

Bisa, karena kacang bawang termasuk camilan yang tahan lama. Pastikan kacang sudah dingin dan disimpan dalam wadah yang kedap udara sebelum dibawa sebagai oleh-oleh.

Kesimpulan

Kacang bawang yang renyah dan gurih bisa dibuat di rumah dengan mudah. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!

Cara Bikin Kacang Bawang yang Renyah dan Gurih

https://youtube.com/watch?v=7zT81_sFH0U