Cara Memasang Gorden 2 Lapis dengan Mudah

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas cara memasang gorden 2 lapis dengan mudah. Gorden 2 lapis adalah jenis gorden yang terdiri dari 2 lapisan kain dengan fungsi yang berbeda. Lapisan pertama adalah untuk melindungi dari sinar matahari dan lapisan kedua adalah untuk memberikan privasi. Berikut adalah cara mudah memasang gorden 2 lapis di rumah Anda.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memasang gorden 2 lapis, pastikan Anda mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan:

Alat Bahan
Bor Gorden 2 lapis
Obeng Penjepit gorden
Kaca mata pengaman Bor
Pensil Sekrup

Pastikan juga Anda sudah mengetahui ukuran jendela atau pintu yang akan dipasangi gorden 2 lapis. Hal ini penting untuk menentukan jumlah kain yang harus dibeli.

Mengukur Kain Gorden 2 Lapis

Langkah pertama dalam memasang gorden 2 lapis adalah mengukur kain yang dibutuhkan. Pertama-tama, ukur lebar jendela atau pintu yang akan dipasangi gorden 2 lapis. Kemudian, tambahkan 20 cm untuk memberikan ruang tambahan pada saat memasang gorden. Ukur juga panjang jendela atau pintu dan tambahkan 30 cm untuk memberikan ruang tambahan pada saat memasang gorden. Setelah itu, hitung jumlah kain yang dibutuhkan dengan cara membagi panjang jendela atau pintu dengan panjang kain gorden.

Memasang Penjepit Gorden

Setelah mengetahui jumlah kain yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah memasang penjepit gorden. Pastikan penjepit gorden diletakkan pada jarak yang sama dari ujung kain gorden di kedua sisi jendela atau pintu. Pasang penjepit gorden pada kedua sisi jendela atau pintu dengan jarak 10-15 cm dari ujung kain gorden.

Memasang Gorden Pertama

Setelah penjepit gorden terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang lapisan pertama gorden. Pegang kain gorden tepat di atas penjepit gorden dan pastikan kain gorden tergantung rata. Kemudian, pasang kain gorden menggunakan bor dan sekurang-kurangnya 4 buah sekrup. Pastikan sekrup tertanam dengan kuat pada dinding atau kusen.

Memasang Gorden Kedua

Setelah lapisan pertama terpasang, langkah berikutnya adalah memasang lapisan kedua. Letakkan lapisan kedua di atas lapisan pertama dan ratakan. Kemudian, pasang lapisan kedua menggunakan bor dan sekurang-kurangnya 4 buah sekrup. Pastikan sekrup tertanam dengan kuat pada dinding atau kusen.

Menggunakan Gorden 2 Lapis

Setelah gorden 2 lapis terpasang, Anda dapat langsung menggunakannya. Untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk, cukup geser lapisan kedua menggunakan penjepit gorden. Untuk memberikan privasi, cukup tarik lapisan kedua hingga menutupi jendela atau pintu.

TRENDING 🔥  Iguana Berkembang Biak dengan Cara: Panduan Lengkap

FAQ

1. Berapa banyak kain gorden yang harus saya beli?

Anda bisa menghitung jumlah kain gorden yang dibutuhkan dengan cara membagi panjang jendela atau pintu dengan panjang kain gorden. Pastikan juga Anda menambahkan 20 cm untuk lebar dan 30 cm untuk panjang sebagai ruang tambahan pada saat memasang gorden.

2. Apa bedanya gorden 2 lapis dengan gorden biasa?

Gorden 2 lapis memiliki 2 lapisan kain dengan fungsi yang berbeda. Lapisan pertama untuk melindungi dari sinar matahari dan lapisan kedua untuk memberikan privasi. Sedangkan gorden biasa hanya memiliki 1 lapisan kain.

3. Apakah gorden 2 lapis dapat dicuci?

Ya, gorden 2 lapis bisa dicuci. Namun, pastikan Anda membaca petunjuk pencucian pada label gorden sebelum mencucinya.

4. Apakah ada cara memasang gorden 2 lapis yang lebih mudah?

Cara memasang gorden 2 lapis yang telah dijelaskan di atas adalah cara yang paling umum digunakan dan dianggap mudah. Namun, Anda bisa menggunakan cara lain seperti memasang gorden menggunakan klem atau velcro untuk lebih memudahkan.

5. Apakah gorden 2 lapis dapat dijadikan hiasan dinding?

Tidak disarankan. Gorden 2 lapis lebih cocok digunakan sebagai penutup jendela atau pintu.

Kesimpulan

Memasang gorden 2 lapis di rumah Anda bisa memberikan keuntungan yang beragam. Selain melindungi dari sinar matahari, gorden 2 lapis juga memberikan privasi. Dengan mengikuti cara memasang gorden 2 lapis yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa memasang gorden dengan mudah dan praktis.

Cara Memasang Gorden 2 Lapis dengan Mudah