Cara Membuat Kue Lapis Kanji

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu mencari resep kue yang mudah dan enak untuk dicoba di rumah, maka kue lapis kanji adalah pilihan yang tepat. Kue ini terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan santan dan gula, sehingga menghasilkan rasa yang lembut dan manis. Berikut adalah cara membuat kue lapis kanji yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue lapis kanji, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini:

Bahan Jumlah
Tepung kanji 250 gram
Gula pasir 200 gram
Santan kental 400 ml
Santan encer 400 ml
Garam 1 sendok teh
Pewarna makanan secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan kue lapis kanji.

Langkah-langkah membuat kue lapis kanji

1. Persiapan awal

Pertama-tama, siapkan loyang berukuran 20 x 20 cm dan olesi dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.

2. Campurkan bahan

Campurkan tepung kanji, gula pasir, dan garam secara merata dalam sebuah mangkuk. Tambahkan santan kental dan santan encer sambil diaduk perlahan hingga tercampur sempurna. Bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama besar.

3. Tambahkan pewarna makanan

Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan, dan aduk hingga pewarna tercampur merata. Pastikan warna yang digunakan berbeda-beda agar menghasilkan kue lapis yang cantik dan menarik.

4. Masak adonan

Panaskan loyang di atas api kecil. Tuang adonan pertama ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Masak adonan hingga setengah matang, sekitar 10-15 menit. Kemudian tuang adonan kedua dan ratakan lagi permukaannya. Masak kembali hingga setengah matang, lalu tuang adonan ketiga dan ratakan permukaannya. Masak hingga adonan matang dengan baik, sekitar 30-40 menit.

5. Dinginkan kue

Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama 10-15 menit. Setelah itu, potong-potong kue menjadi bentuk yang diinginkan. Kue lapis kanji siap disajikan dan dinikmati.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tepung kanji sama dengan tepung sagu?

Tepung kanji dan tepung sagu memang seringkali disamakan, namun keduanya sebenarnya berbeda. Tepung kanji dihasilkan dari akar singkong, sementara tepung sagu dihasilkan dari pohon sagu. Kedua jenis tepung ini juga memiliki perbedaan dalam tekstur dan digunakan untuk berbagai jenis makanan yang berbeda-beda.

TRENDING 🔥  Cara Mengurutkan Nomor di Excel

2. Apakah kue lapis kanji bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, kue lapis kanji bisa disimpan dalam waktu yang lama selama disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam kulkas. Kue tersebut bisa bertahan selama 3-5 hari jika disimpan dengan baik.

3. Bisakah saya menggunakan pewarna alami untuk membuat kue lapis kanji?

Tentu saja. Pewarna alami seperti daun pandan atau kunyit dapat digunakan untuk memberi warna pada kue lapis kanji. Selain lebih sehat, pewarna alami juga memberikan aroma dan rasa yang alami pada kue.

4. Apa yang harus dilakukan jika kue lapis kanji tidak matang dengan baik?

Jika kue lapis kanji tidak matang dengan baik, hal tersebut mungkin disebabkan oleh oven yang tidak cukup panas atau waktu memasak yang tidak cukup. Cobalah untuk meningkatkan suhu oven atau memperpanjang waktu memasak hingga adonan benar-benar matang dengan sempurna.

5. Bisakah santan diganti dengan susu?

Tidak disarankan mengganti santan dengan susu karena akan mengubah rasa dan tekstur kue. Santan adalah bahan utama dalam proses pembuatan kue lapis kanji dan memberikan karakteristik khas pada kue tersebut.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat kue lapis kanji yang lezat dan mudah di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kue Lapis Kanji