Cara Membuat Lapis Tepung Beras dan Kanji

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu ingin belajar membuat kue yang enak dan mudah? Di artikel ini, kami akan membahas cara membuat lapis tepung beras dan kanji. Kue tradisional ini sangat populer di Indonesia dan biasanya disajikan pada acara khusus seperti pernikahan atau ulang tahun. Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan bahan-bahan sederhana dan beberapa langkah mudah. Jadi, ayo kita mulai!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan lapis tepung beras dan kanji, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan Jumlah
Tepung beras 250 gram
Tepung kanji 50 gram
Gula pasir 250 gram
Santan kental 1 liter
Garam 1/2 sendok teh
Pewarna makanan secukupnya

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum kamu memulai proses pembuatan. Sekarang, ayo kita mulai membuat lapis tepung beras dan kanji!

Langkah-langkah Pembuatan

1. Membuat Adonan

Langkah pertama dalam pembuatan lapis tepung beras dan kanji adalah membuat adonan. Campurkan tepung beras, tepung kanji, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan santan secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus dan tidak ada gumpalan. Setelah itu, tambahkan gula pasir dan aduk lagi hingga gula larut dalam adonan.

Jika kamu ingin memberikan warna pada lapis tepung beras dan kanji, kamu bisa menambahkan pewarna makanan pada adonan dan aduk rata.

2. Memasak Adonan Pertama

Setelah adonan siap, panaskan loyang ukuran 20×20 cm di atas api kecil. Lapisi loyang dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket.

Tuang adonan pertama secukupnya di dalam loyang. Pastikan adonan terdistribusi merata di atas loyang.

Panaskan adonan di atas api kecil hingga matang. Kamu bisa mengecek kematangan adonan dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti adonan sudah matang.

3. Memasak Adonan Kedua

Setelah adonan pertama matang, tuang adonan kedua secukupnya di atas adonan pertama. Ratakan adonan menggunakan spatula agar terlihat merata.

Lanjutkan memasak adonan kedua hingga matang seperti adonan pertama. Kamu bisa mengecek kematangan adonan dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

4. Membuat Lapisan-lapisan Selanjutnya

Setelah adonan kedua matang, ulangi proses yang sama untuk membuat lapisan-lapisan selanjutnya. Tuang adonan ketiga di atas adonan kedua dan memasaknya hingga matang.

Lakukan proses ini hingga semua adonan habis dan kamu mendapatkan beberapa lapisan kue yang terpisah.

TRENDING 🔥  Cara Memindah Kontak Android ke iPhone

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Lapis Tepung Beras dan Kanji?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat lapis tepung beras dan kanji tergantung pada jumlah adonan dan tingkat keahlianmu. Namun, secara umum, proses pembuatan kue ini memakan waktu sekitar 2-3 jam.

2. Apakah Bisa Menggunakan Pewarna Makanan yang Alami?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti daun pandan atau kunyit untuk memberikan warna pada adonan. Selain memberikan warna alami, bahan-bahan alami juga memberikan aroma yang sedap pada kue.

3. Apakah Bisa Menggunakan Santan Instant?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan santan instant jika sulit menemukan santan kental yang segar. Namun, pastikan tetap mengikuti instruksi pada kemasan untuk memastikan takaran yang tepat.

4. Bagaimana Cara Menyimpan Lapis Tepung Beras dan Kanji yang Sisa?

Kamu bisa menyimpan sisa lapis tepung beras dan kanji di dalam kulkas selama 1-2 hari. Hanya perlu dihangatkan kembali sebelum disajikan. Anda juga bisa membekukan lapisan kue yang tidak dipakai dan menghangatkannya saat membutuhkan.

5. Bisakah Lapis Tepung Beras dan Kanji Dikirim?

Pada umumnya, lapis tepung beras dan kanji lebih baik disajikan dalam keadaan segar dan tidak disarankan di kirim. Namun, jika harus dikirim, pastikan kue dikemas dengan baik agar tidak rusak selama perjalanan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat lapis tepung beras dan kanji. Kue tradisional ini sangat lezat dan mudah dibuat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Lapis Tepung Beras dan Kanji