Cara Membuat Kue Bolu Pandan yang Enak dan Mudah

>Halo Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas cara membuat kue bolu pandan yang enak dan mudah. Mungkin kamu pernah mencicipi kue ini di kafe atau restoran kesukaanmu, tapi sebenarnya membuatnya sendiri di rumah juga sangat mudah loh. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat kue bolu pandan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan di bawah ini:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 150 gram
Telur ayam 4 butir
Santan kental 150 ml
Pasta pandan 1 sendok teh
Baking powder 1 sendok teh
Minyak sayur 100 ml

Pastikan semua bahan sudah tersedia di rumah ya, agar proses pembuatannya tidak terganggu.

Langkah-Langkah Membuat Kue Bolu Pandan

1. Siapkan Bahan dan Alat

Pertama-tama, siapkan bahan dan alat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, siapkan juga loyang bulat berdiameter 20 cm dan olesi dengan margarin atau mentega agar kue tidak lengket.

2. Ayak Tepung Terigu dan Baking Powder

Ayak tepung terigu dan baking powder agar tercampur dengan baik dan tidak menggumpal. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Kocok Telur dan Gula

Kocok telur dan gula dengan mixer hingga mengembang dan berwarna pucat. Pastikan kocokan telur dan gula sudah mengembang dengan baik agar kue bolu nantinya tidak kempes.

4. Masukkan Santan, Minyak Sayur, dan Pasta Pandan

Tambahkan santan, minyak sayur, dan pasta pandan ke dalam adonan telur dan gula. Aduk hingga tercampur dengan baik.

5. Masukkan Campuran Tepung Terigu dan Baking Powder

Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak ke dalam adonan bertahap sambil diaduk perlahan dengan spatula. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.

6. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin atau mentega. Ratakan permukaannya agar kue nantinya dapat mengembang dengan baik.

7. Panggang Kue Bolu Pandan

Panggang kue bolu pandan dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30-40 menit. Tes kematangan kue dengan menusukkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, artinya kue sudah matang sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Mengubah Icon Aplikasi

8. Dinginkan dan Keluarkan dari Loyang

Dinginkan kue bolu pandan di atas rak kawat agar dapat mempercepat proses pendinginan. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan siap disajikan.

Pertanyaan Umum tentang Membuat Kue Bolu Pandan

1. Apakah Bisa Menggunakan Pewarna Hijau Biasa?

Bisa, namun hindari pewarna makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti Rhodamin B atau Methanil Yellow. Gunakan pewarna makanan yang aman dan sudah terjamin kualitasnya.

2. Apakah Bisa Mengganti Santan dengan Susu?

Bisa, namun kue bolu pandan akan kehilangan aroma dan rasa khas dari santan. Jadi, lebih baik menggunakan santan agar kue memiliki cita rasa yang autentik.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Kue Bolu Pandan Tidak Mengembang?

Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, di antaranya adonan terlalu kental atau telur yang tidak dikocok dengan baik. Pastikan adonan sudah dicampur dengan baik dan kocok telur dan gula dengan mixer hingga mengembang dan berwarna pucat.

4. Bagaimana Menjaga Kue Bolu Pandan Tetap Empuk?

Simpan kue bolu pandan dalam wadah tertutup rapat dan simpan di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari. Jangan lupa juga menambahkan pengembang pada adonan agar kue tetap empuk dan tidak cepat keras.

5. Dapatkah Kue Bolu Pandan Dibekukan?

Bisa, kue bolu pandan dapat dibekukan dalam freezer selama beberapa minggu. Namun, pastikan sudah memotong kue menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan porsi masing-masing agar mudah saat akan disajikan kembali.

Cara Membuat Kue Bolu Pandan yang Enak dan Mudah