Cara Membuat Bolu Ketan

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas cara membuat bolu ketan yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Bolu ketan adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan bahan-bahan sederhana lainnya. Meskipun sederhana, bolu ketan sangat nikmat dan cocok dijadikan camilan kapan saja. Yuk kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bolu ketan, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

200 gram tepung ketan 100 gram gula pasir
2 butir telur 100 ml santan
1 sendok teh baking powder 1/4 sendok teh garam
100 ml minyak goreng Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat Bolu Ketan

Langkah 1: Siapkan Bahan-bahan

Langkah pertama dalam membuat bolu ketan adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan telah diukur dengan baik dan siap untuk digunakan. Jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.

Langkah 2: Campurkan Tepung Ketan, Gula, dan Garam

Campurkan tepung ketan, gula, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Langkah 3: Tambahkan Telur dan Santan

Kocok telur dan santan dalam wadah terpisah. Tambahkan campuran ini ke dalam campuran tepung ketan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Langkah 4: Tambahkan Baking Powder dan Minyak Goreng

Tambahkan baking powder ke dalam adonan dan aduk rata. Selanjutnya, tambahkan minyak goreng dan aduk lagi hingga adonan tercampur sempurna.

Langkah 5: Tuangkan ke Dalam Loyang

Olesi loyang dengan sedikit minyak goreng. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

Langkah 6: Panggang di Oven

Panggang adonan di oven yang telah dipanaskan selama 30-40 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebentar sebelum memotongnya dan disajikan.

FAQ tentang Bolu Ketan

1. Apa itu tepung ketan?

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan yang telah digiling halus. Tepung ketan sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue-kue tradisional Indonesia seperti bolu ketan dan onde-onde.

TRENDING 🔥  Cara Mencegah Corona

2. Apakah bolu ketan bisa disimpan dalam lemari es?

Ya, bolu ketan bisa disimpan dalam lemari es selama 3-4 hari. Namun, pastikan bolu ketan telah dikemas dengan rapat dalam wadah kedap udara atau plastik wrap sebelum disimpan.

3. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti santan?

Jika kamu tidak suka menggunakan santan, kamu bisa menggantinya dengan susu cair biasa atau susu kental manis. Namun, perlu diingat bahwa rasa dari bolu ketan akan sedikit berbeda dengan menggunakan santan.

4. Apakah pewarna makanan wajib digunakan?

Tidak, pewarna makanan hanya digunakan untuk memberikan warna pada bolu ketan agar lebih menarik. Kamu bisa mengabaikan pewarna makanan jika tidak ada atau tidak suka.

5. Bagaimana cara memastikan bolu ketan telah matang?

Untuk memastikan bahwa bolu ketan telah matang, gunakan tusuk gigi atau lidi untuk menusuk bagian tengah bolu ketan. Jika tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan yang lengket, berarti bolu ketan telah matang.

Itulah cara membuat bolu ketan yang mudah dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Membuat Bolu Ketan