Cara Membuat Nagasari Pisang

>Halo Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nagasari pisang. Nagasari merupakan kudapan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan pisang, cocok dijadikan camilan di tengah hari atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat nagasari pisang, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut ini beberapa bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 250 gram
Pisang raja 5 buah
Gula merah 200 gram
Santan 500 ml
Pandan 2 lembar
Garam 1/2 sendok teh

Setelah semua bahan tersedia, maka kita bisa memulai membuat nagasari pisang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah membuat nagasari pisang

1. Siapkan tepung ketan

Pertama-tama , siapkan tepung ketan yang telah disaring dengan menggunakan kain saring yang halus agar tidak terdapat gumpalan tepung saat proses pengadukan nanti.

2. Rebus santan, gula merah, dan pandan

Setelah tepung ketan siap, selanjutnya rebus santan, gula merah dan pandan sampai gula merah larut dan santan tercampur rata. Aduk secara terus-menerus agar santan tidak pecah.

3. Campurkan tepung ketan dengan santan

Setelah santan siap, masukkan tepung ketan ke dalam larutan santan dan aduk rata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa dan aduk hingga tepung benar-benar tercampur rata.

4. Rebus campuran tepung ketan dan santan

Setelah adonan tercampur rata, maka saatnya merebus campuran tersebut. Masukan campuran tersebut ke dalam panci dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan berubah menjadi adonan yang elastis.

5. Iris pisang raja

Sementara menunggu adonan mengental, iris pisang raja ke dalam potongan kecil-kecil. Potongan pisang sebaiknya sedikit tebal agar saat diisi dengan adonan, bisa terasa gurih.

6. Siapkan daun pisang

Selain pisang, daun pisang yang digunakan sebaiknya dicuci hingga bersih dan dipotong sesuai ukuran, sekitar 15 x 20 cm. Anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun pisang sesuai dengan jumlah adonan yang telah dipersiapkan.

7. Isian nagasari pisang

Jika adonan telah mengental, ambil satu sendok sayur dan tuang ke atas daun pisang yang telah dipotong tadi. Ratakan dan letakan sepotong pisang di atasnya. Tambahkan lagi adonan ketan di atas pisang, hingga menutupi potongan pisang secara merata.

8. Lakukan penggulungan pada isian nagasari pisang

Pada tahap ini, gulung adonan dengan rapat menggunakan daun pisang sebagai bahan pembungkusnya. Setelah tergulung, tekan-tekan bagian tepinya agar rapat.

TRENDING 🔥  Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup

9. Rebus nagasari pisang

Setelah selesai digulung, masukan nagasari dalam panci yang sudah diisi air dan biarkan mendidih selama 10-15 menit. Setelah itu angkat nagasari dari panci dan tiriskan.

10. Nagasari pisang siap disajikan

Sajikan nagasari di atas tempat atau piring. Rasakan kenikmatan nagasari pisang yang empuk dan manis dengan aroma pandan yang harum.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa bedanya nagasari dan ketan serundeng?

Nagasari dan ketan serundeng meski terbuat oleh tepung ketan dan berbahan utama pisang, namun memiliki perbedaan dalam pembungkusnya. Nagasari dibungkus dengan daun pisang, sedangkan ketan serundeng dibungkus dengan kelapa parut. Selain itu, isi dari keduanya juga berbeda. Nagasari dibuat dengan isian pisang dan gula merah, sedangkan ketan serundeng menggunakan kelapa parut yang dicampur dengan gula dan garam.

2. Apakah pisang raja bisa diganti dengan pisang lain?

Tentu saja bisa. Namun, karena pisang raja memiliki tekstur yang lebih padat dan manis dibandingkan dengan jenis pisang lain, maka pisang raja lebih cocok digunakan sebagai bahan isian nagasari.

3. Bagaimana cara membuat nagasari pisang lebih lembut?

Untuk membuat nagasari pisang lebih lembut, perlu diperhatikan saat merebus adonan ketan dan santan. Usahakan agar adonan dibiarkan mendidih selama 15-20 menit dan terus diaduk hingga adonan benar-benar mengental. Selain itu, perhatikan juga saat pengukusan. Usahakan untuk tidak terlalu lama memasak nagasari agar tidak keras dan tetap lembut.

4. Bolehkah mengganti daun pisang dengan plastik atau aluminium foil sebagai bahan pembungkus?

Sebaiknya jangan. Daun pisang memiliki aroma yang khas dan memberikan rasa yang lebih segar pada nagasari. Selain itu, daun pisang juga membantu menjadikan nagasari lebih lembut dan tetap hangat dalam waktu yang cukup lama.

5. Berapa lama nagasari pisang dapat bertahan dalam waktu penyimpanan?

Nagasari pisang dapat bertahan selama 2-3 hari jika disimpan dalam kontainer kedap udara dan diletakkan pada suhu ruangan. Namun, untuk menjaga nagasari tetap tahan lama, lebih baik disimpan dalam kulkas.

Itulah tadi cara membuat nagasari pisang yang mudah dan praktis. Selamat mencoba, Sohib EditorOnline! Semoga nagasari pisang yang dihasilkan enak dan lezat.

Cara Membuat Nagasari Pisang