Cara Membuat Steak Daging

>Halo Sohib EditorOnline! Apakah kamu suka dengan steak daging? Apakah kamu ingin bisa membuat steak daging yang enak di rumah? Jika ya, kamu berada di artikel yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat steak daging yang lezat dan nikmat. Simak baik-baik ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat steak daging, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

– Daging sapi (sirloin, tenderloin, atau fillet) – Garam – Merica hitam
– Bawang putih (cincang halus) – Rosemary (cincang halus) – Butter
– Minyak goreng – Kentang – Wortel
– Kacang polong – Kaldu sapi – Air

Langkah-Langkah Membuat Steak Daging

1. Pilih Daging yang Berkualitas

Langkah pertama dalam membuat steak daging adalah memilih daging yang berkualitas. Kamu bisa memilih sirloin, tenderloin, atau fillet sebagai bahan utama. Pastikan daging yang kamu beli segar dan memiliki warna yang cerah. Sebaiknya, kamu membeli daging yang sudah dipotong dengan ketebalan sekitar 2,5 cm.

2. Lumuri Daging dengan Garam dan Merica

Setelah memilih daging yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah melumuri daging dengan garam dan merica hitam. Pastikan kamu menaburkan garam dan merica secukupnya agar daging tidak terlalu asin atau terlalu pedas. Diamkan selama sekitar 10-15 menit agar bumbu meresap.

3. Panaskan Wajan atau Grill

Setelah daging sudah diratakan dengan bumbu, langkah selanjutnya adalah memanaskan wajan atau grill. Pastikan wajan atau grill sudah benar-benar panas sebelum memasak daging agar daging cepat matang dan tidak keras.

4. Masak Daging

Setelah wajan atau grill sudah benar-benar panas, letakkan daging di atasnya dan masak selama sekitar 3-4 menit untuk setiap sisi. Jangan terlalu sering membalik daging agar daging matang merata dan tidak lembek.

5. Tambahkan Bawang Putih, Rosemary, dan Butter

Setelah daging matang, tambahkan bawang putih, rosemary, dan butter ke atas daging di sisi yang sudah matang. Diamkan selama sekitar 1-2 menit hingga butter mencair dan bawang putih serta rosemary tercampur dengan daging.

6. Istirahatkan Daging

Setelah selesai dimasak, letakkan daging di atas piring dan diamkan selama 3-4 menit hingga daging meresap dan menjadi lebih empuk.

7. Sajikan dengan Sayuran

Setelah daging istirahat, kamu bisa memotongnya sesuai dengan selera dan menyajikannya dengan kentang panggang, wortel, dan kacang polong. Kamu juga bisa membuat saus yang sesuai dengan selera untuk menambah cita rasa steak dagingmu.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan iMessage: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

FAQ

1. Apa jenis daging yang terbaik untuk membuat steak?

Sirloin, tenderloin, dan fillet adalah tiga jenis daging sapi yang terbaik untuk membuat steak. Pastikan kamu memilih daging yang segar dan berkualitas agar steak dagingmu terasa enak dan nikmat.

2. Bagaimana cara memasak steak daging agar empuk?

Untuk memasak steak daging agar empuk, pastikan kamu memilih daging yang berkualitas dan melumuri dengan bumbu secara merata. Saat memasak, jangan terlalu sering membalik daging agar daging matang merata dan tetap empuk. Setelah dimasak, diamkan steak selama beberapa menit agar daging meresap dan menjadi lebih empuk.

3. Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat steak daging?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat steak daging antara lain daging sapi, garam, merica, bawang putih, rosemary, butter, minyak goreng, kentang, wortel, kacang polong, kaldu sapi, dan air.

4. Apa yang membuat steak daging menjadi keras?

Beberapa faktor yang menyebabkan steak daging menjadi keras antara lain jenis daging yang dipilih, cara memasak yang tidak tepat, atau peralatan yang tidak sesuai. Pastikan kamu memilih daging yang berkualitas dan memasaknya dengan cara yang tepat agar steak dagingmu tidak keras.

5. Bagaimana cara menyajikan steak daging yang enak?

Untuk menyajikan steak daging yang enak, kamu bisa memotong steak sesuai dengan selera dan menyajikannya dengan kentang panggang, wortel, dan kacang polong. Kamu juga bisa membuat saus yang sesuai dengan selera untuk menambah cita rasa steak dagingmu.

Cara Membuat Steak Daging