Cara Bikin Pentol Bakso untuk Sohib EditorOnline

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara membuat pentol bakso yang lezat dan empuk. Pentol bakso adalah salah satu makanan favorit banyak orang di Indonesia. Banyak yang suka makan pentol bakso sebagai lauk atau camilan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat pentol bakso, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Daging sapi 500 gram
Tepung sagu 150 gram
Tepung terigu 50 gram
Bawang putih 3 siung
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Air es 100 ml
Es batu secukupnya

Pastikan semua bahan sudah disiapkan sebelum memulai membuat pentol bakso.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pentol bakso yang enak dan empuk:

1. Siapkan Daging Sapi

Pertama-tama, siapkan daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil. Usahakan potongan daging sama besar agar nantinya pentol bakso juga sama ukurannya. Daging sapi yang lemaknya sedikit lebih banyak akan membuat pentol bakso lebih empuk dan kenyal.

2. Haluskan Daging Sapi

Daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian dihaluskan menggunakan blender atau food processor. Haluskan daging sapi hingga benar-benar lembut dan tercampur rata.

3. Campurkan Tepung Sagu dan Terigu

Selanjutnya, masukkan tepung sagu dan tepung terigu ke dalam daging sapi yang sudah dihaluskan tadi. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan terasa kalis.

4. Tambahkan Bumbu

Iris bawang putih tipis-tipis dan tambahkan ke dalam adonan. Tambahkan juga garam dan lada secukupnya. Aduk-aduk hingga bumbu merata.

5. Bentuk Adonan Menjadi Bulatan

Uleni adonan hingga terasa kalis dan tidak lengket di tangan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Ukuran bulatan bisa disesuaikan dengan selera. Usahakan agar ukuran bulatan semua sama agar pentol bakso matang sempurna dan tidak ada yang gosong.

6. Rebus Pentol Bakso

Panaskan air hingga mendidih dan masukkan pentol bakso ke dalamnya. Pentol bakso akan jatuh ke bawah saat dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Tunggu hingga pentol bakso matang dan mengapung ke permukaan air. Angkat dan tiriskan.

7. Sajikan dengan Kuah Bakso dan Bahan Pelengkap

Pentol bakso siap disajikan. Anda bisa menyajikan pentol bakso dengan kuah bakso yang kental dan gurih. Tambahkan bahan pelengkap seperti mie, tahu, bakso sapi, atau sayur-sayuran sesuai selera.

TRENDING 🔥  Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya pentol bakso dengan bakso biasa?

Pentol bakso dan bakso biasa sebenarnya sama-sama terbuat dari daging sapi yang dihaluskan. Perbedaannya terletak pada bentuknya. Pentol bakso berbentuk lonjong dan kecil-kecil sedangkan bakso biasa berbentuk bulat dan lebih besar. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pentol bakso juga sedikit berbeda dengan bakso biasa.

2. Mengapa air saat merebus pentol bakso harus sampai mendidih?

Merebus pentol bakso dengan air yang sudah mendidih akan memastikan pentol bakso matang dan empuk. Jika air tidak mendidih, pentol bakso akan lebih lama matangnya dan mungkin tidak matang dengan sempurna.

3. Apa saja bahan pelengkap yang bisa ditambahkan saat menyajikan pentol bakso?

Bahan pelengkap yang bisa ditambahkan saat menyajikan pentol bakso bervariasi. Beberapa bahan pelengkap yang umumnya ditambahkan antara lain mie, tahu, bakso sapi, sayur-sayuran seperti sawi atau kangkung, dan bawang goreng. Anda bisa menambahkan bahan pelengkap sesuai selera.

4. Apakah pentol bakso bisa disimpan dalam freezer?

Ya, pentol bakso bisa disimpan dalam freezer. Pentol bakso yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah tertutup atau dalam kantong plastik yang dirapatkan rapat. Jangan lupa tuliskan tanggal penyimpanannya agar tidak salah saat akan digunakan.

5. Apa tips agar pentol bakso kenyal dan tidak mudah hancur?

Agar pentol bakso kenyal dan tidak mudah hancur, pastikan adonan sudah kalis dan tidak lengket di tangan. Selain itu, pentol bakso yang sudah dibuat sebaiknya langsung direbus dan tidak terlalu lama disimpan sebelum direbus. Jangan juga merebus pentol bakso dalam air yang terlalu banyak sehingga pentol bakso tidak mudah hancur.

Itulah cara membuat pentol bakso yang enak dan empuk. Selamat mencoba, Sohib EditorOnline!

Cara Bikin Pentol Bakso untuk Sohib EditorOnline