Cara Membuat Steak Tempe

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat steak tempe yang lezat dan mudah dipraktekkan di rumah. Bagi Anda yang vegetarian atau ingin mencoba hidangan berbahan tempe, artikel ini cocok untuk Anda. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya!

Apa Itu Tempe?

Sebelum membahas tentang cara membuat steak tempe, mari kita bahas tentang tempe terlebih dahulu. Tempe merupakan makanan yang berasal dari kedelai yang difermentasi dengan kapang Rhizopus oligosporus atau Rhizopus oryzae. Proses fermentasi membuat tekstur tempe menjadi padat dan kaya akan protein. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi.

Tempe banyak dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi vegetarian atau bagi orang yang ingin mengurangi konsumsi daging. Selain itu, tempe juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan makanan, seperti sayuran, mie, atau bahkan daging.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat steak tempe, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Tempe 300 gram
Buncis 100 gram
Wortel 100 gram
Tepung terigu 50 gram
Tepung roti 50 gram
Susu kedelai 100 ml
Kecap manis 2 sendok makan
Minyak goreng secukupnya
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Cara Membuat Steak Tempe

1. Potong-potong tempe, buncis, dan wortel

Pertama-tama, potong tempe menjadi beberapa bagian dan kukus selama 15 menit. Setelah itu, potong tempe, buncis, dan wortel menjadi ukuran yang sama.

2. Campurkan tepung terigu dan susu kedelai

Campurkan tepung terigu dan susu kedelai hingga tercampur rata. Tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya.

3. Celupkan potongan tempe, buncis, dan wortel ke dalam campuran tepung terigu dan susu kedelai

Celupkan potongan tempe, buncis, dan wortel ke dalam campuran tepung terigu dan susu kedelai. Pastikan seluruh bagian terbalut oleh campuran tepung terigu dan susu kedelai.

4. Gulingkan potongan tempe, buncis, dan wortel ke dalam tepung roti

Gulingkan potongan tempe, buncis, dan wortel yang sudah dilumuri tepung terigu dan susu kedelai ke dalam tepung roti. Pastikan seluruh bagian terbalut oleh tepung roti.

TRENDING 🔥  Cara TF ke Virtual Account Mandiri

5. Goreng potongan tempe, buncis, dan wortel

Goreng potongan tempe, buncis, dan wortel dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan di atas wajan. Goreng hingga kedua sisi berwarna kecokelatan.

6. Sajikan steak tempe

Sajikan steak tempe bersama dengan saus kecap manis dan bahan pelengkap lainnya, seperti nasi dan sayuran.

FAQ

1. Apakah bisa membuat steak tempe tanpa wortel dan buncis?

Tentu saja bisa. Anda dapat mengganti wortel dan buncis dengan sayuran atau bahan makanan lainnya sesuai dengan selera Anda.

2. Apakah bisa menggunakan tepung jagung sebagai pengganti tepung terigu?

Bisa, namun hasilnya mungkin akan sedikit berbeda dari jika menggunakan tepung terigu.

3. Apa saja bahan pelengkap yang cocok untuk steak tempe?

Anda dapat menggunakan nasi, kentang rebus, sayuran kukus atau tumis, atau saus-saus lainnya seperti saus tomat atau saus sambal.

4. Bisakah menggoreng steak tempe dengan menggunakan air fryer?

Bisa. Anda dapat menggoreng steak tempe dengan menggunakan air fryer. Namun, hasilnya mungkin akan sedikit berbeda dengan jika menggunakan wajan biasa.

5. Apakah steak tempe bisa disimpan di dalam kulkas?

Bisa. Steak tempe dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari jika sudah dibungkus dengan plastik atau wadah yang kedap udara. Namun, sebaiknya disajikan dalam keadaan masih segar.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat steak tempe yang mudah dan praktis. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat, Anda dapat mencoba membuat hidangan ini di rumah. Selain lezat, steak tempe juga cocok untuk Anda yang ingin mengurangi konsumsi daging atau berusaha menjadi vegetarian. Selamat mencoba!

Cara Membuat Steak Tempe