Cara Bikin Bolu Panggang Empuk dan Lembut

>Hello Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas resep cara bikin bolu panggang yang empuk dan lembut. Bolu panggang merupakan kue yang sering dijumpai di berbagai acara, seperti ulang tahun, arisan, atau hanya sekadar santai di akhir pekan. Namun, seringkali kita kesulitan membuat bolu panggang yang empuk dan lembut. Tak perlu khawatir, dengan mengikuti resep ini, bolu panggang buatanmu akan menjadi lezat dan empuk.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu panggang empuk dan lembut:

Bahan Jumlah
Tepung terigu protein sedang 200 gram
Gula pasir 150 gram
Minyak sayur 100 ml
Susu cair 100 ml
Telur ayam 4 butir
Baking powder 1 sendok teh
Vanili bubuk 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat

Berikut langkah-langkah membuat bolu panggang empuk dan lembut:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu panggang empuk dan lembut. Pastikan bahan-bahan telah terukur dan siap digunakan.

2. Ayak Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam secara bersamaan. Hal ini dilakukan agar semua bahan tersebut tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini akan membuat bolu panggang menjadi lebih empuk dan mengembang.

4. Tambahkan Vanili Bubuk

Tambahkan vanili bubuk ke dalam adonan telur dan gula pasir yang telah dikocok tadi. Aduk rata.

5. Tambahkan Minyak Sayur dan Susu Cair

Tambahkan minyak sayur dan susu cair ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk rata.

6. Masukkan Tepung Terigu Secara Bertahap

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan bahan yang telah diayak sebelumnya ke dalam adonan secara bertahap. Aduk rata setiap kali menambahkan tepung terigu. Jangan terlalu lama mengaduk adonan agar tekstur bolu panggang tetap empuk.

7. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Setelah adonan benar-benar tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. Pastikan loyang yang digunakan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Mencegah Diare?

8. Panggang Adonan di dalam Oven

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang adonan. Setelah itu, panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30-40 menit atau sampai bolu panggang matang dengan sempurna. Suhu dan waktu memanggang dapat disesuaikan dengan karakteristik oven masing-masing.

FAQ

1. Apakah tepung terigu yang digunakan harus protein sedang?

Ya, tepung terigu protein sedang sangat disarankan untuk membuat bolu panggang empuk dan lembut. Protein dalam tepung terigu akan memberikan kekentalan dan elastisitas pada adonan.

2. Bisakah margarin diganti dengan mentega?

Tentu saja, margarin dapat diganti dengan mentega. Namun, perlu diperhatikan bahwa bahan yang digunakan dapat mempengaruhi rasa dan tekstur bolu panggang.

3. Apakah harus menambahkan baking powder ke dalam adonan?

Ya, baking powder sangat penting untuk membuat bolu panggang empuk dan lembut. Baking powder akan memberikan efek kembang pada adonan saat dipanggang.

4. Bagaimana jika adonan terlalu encer atau terlalu kental?

Jika adonan terlalu encer, tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit hingga adonan mengental. Sebaliknya, jika adonan terlalu kental, tambahkan susu cair sedikit-sedikit hingga adonan cukup lembut.

5. Berapa lama waktu memanggang bolu panggang?

Waktu memanggang bolu panggang dapat bervariasi tergantung ukuran loyang yang digunakan dan karakteristik oven masing-masing. Namun, umumnya waktu memanggang bolu panggang adalah antara 30-40 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

Cara Bikin Bolu Panggang Empuk dan Lembut