Cara Membuat Bolu Biasa

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu ingin belajar membuat bolu biasa yang lembut dan enak? Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat bolu biasa yang sempurna dan lezat!

Bahan-bahan:

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu biasa:

Bahan Jumlah
Telur 4 butir
Gula pasir 150 gram
Tepung terigu 150 gram
Baking powder 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Margarin atau mentega 50 gram
Susu cair 50 ml
Vanili bubuk 1/2 sendok teh

Langkah-langkah:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan bahan berada dalam suhu ruangan agar lebih mudah untuk diolah. Ukur semua bahan dengan tepat agar hasilnya lebih baik.

2. Panaskan Oven

Setelah bahan siap, panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Olesi loyang dengan mentega atau margarin dan taburkan tepung terigu agar tidak lengket.

3. Kocok Telur dan Gula

Pecahkan telur ke dalam mangkuk besar, tambahkan gula pasir, dan kocok dengan mixer pada kecepatan tinggi selama sekitar 10 menit atau hingga tercampur rata dan berubah warna menjadi putih pucat. Aduk perlahan agar tidak berdebu.

4. Campurkan Tepung dan Baking Powder

Sangrai tepung terigu dan baking powder dalam wajan kering selama 2-3 menit untuk membuat bolu biasa yang lebih empuk. Setelah itu, ayak tepung dan baking powder ke dalam mangkuk kecil dan aduk rata.

5. Masukkan Margarin atau Mentega Cair

Lelehkan margarin atau mentega dan tambahkan ke dalam adonan telur dan gula yang sudah dikocok. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.

6. Tambahkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder sedikit-sedikit ke dalam adonan telur dan gula sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung di dalam adonan.

7. Tuangkan Susu Cair

Tuangkan susu cair ke dalam adonan secara perlahan dan aduk rata hingga tercampur seluruhnya.

8. Tambahkan Vanili Bubuk

Tambahkan vanili bubuk ke dalam adonan dan aduk rata hingga tercampur seluruhnya.

9. Tuangkan Adonan ke Loyang

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan tadi. Ratakan permukaannya dengan spatula dan ketuk-ketuk loyang agar udara di dalam adonan keluar. Jangan terlalu sering memukul agar adonan tidak turun.

TRENDING 🔥  Cara Kepang Rambut: Panduan Lengkap untuk Pembuatan Pilihan Gaya Paling Favorit

10. Panggang di Oven

Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan selama 30-35 menit. Jangan membuka pintu oven selama proses pemanggangan agar adonan tidak turun. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi, jika keluar bersih maka bolu sudah matang.

11. Keluarkan dari Oven dan Diamkan

Keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum dikeluarkan dari loyang. Diamkan bolu selama beberapa jam agar lebih empuk dan enak.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan):

1. Apa yang membuat bolu biasa menjadi lembut?

Bolu biasa menjadi lembut karena adonan harus dikocok dengan mixer pada kecepatan tinggi selama sekitar 10 menit atau hingga tercampur rata dan berubah warna menjadi putih pucat. Selain itu, tepung terigu harus disangrai terlebih dahulu dalam wajan kering selama 2-3 menit sebelum adonan dicampurkan agar bolu lebih empuk.

2. Apakah tepung terigu dan baking powder perlu disangrai terlebih dahulu?

Ya, tepung terigu dan baking powder perlu disangrai terlebih dahulu dalam wajan kering selama 2-3 menit agar adonan bolu lebih empuk dan lembut.

3. Bagaimana cara mengetahui apakah bolu sudah matang atau belum?

Kamu dapat melakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi. Jika tusuk gigi atau lidi keluar bersih maka bolu sudah matang. Jangan membuka pintu oven selama proses pemanggangan agar adonan tidak turun.

4. Apa yang harus dilakukan jika adonan bolu turun saat dipanggang?

Jangan membuka pintu oven selama proses pemanggangan agar adonan tidak turun. Tetap biarkan bolu dipanggang sampai matang. Namun jika adonan turun, maka kemungkinan besar adonan terlalu banyak aduk atau terlalu banyak dipukul sebelum dipanggang. Selalu aduk adonan dengan lembut dan jangan terlalu sering memukul loyang agar udara di dalam adonan tidak keluar terlalu banyak.

5. Apakah bolu bisa disimpan dalam kulkas?

Ya, bolu bisa disimpan dalam kulkas. Namun pastikan bolu sudah dingin terlebih dahulu sebelum disimpan dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas selama 2-3 hari.

Selamat mencoba membuat bolu biasa yang lezat dan nikmati hasilnya bersama keluarga dan teman-teman! Semoga berhasil.

Cara Membuat Bolu Biasa