Cara Membuat Donat Kentang dengan Fermipan

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara membuat donat kentang dengan fermipan. Donat ini memiliki bentuk yang unik dan rasanya yang lezat. Dengan menggunakan fermipan, donat kentang yang Anda buat lebih empuk dan mengembang dengan baik. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu:

Bahan Jumlah
Tepung terigu protein tinggi 250 gram
Kentang yang sudah dihaluskan 250 gram
Fermipan 1 sendok teh
Gula pasir 50 gram
Garam 1/2 sendok teh
Susu bubuk 25 gram
Putih telur 2 butir
Margarin 50 gram
Air dingin 100 ml
Minyak goreng secukupnya
Gula halus secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang dengan Fermipan

1. Mengolah Adonan

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar dan campurkan tepung terigu, kentang yang sudah dihaluskan, fermipan, gula pasir, garam, dan susu bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

Selanjutnya, tambahkan putih telur, margarin, dan air dingin. Aduk adonan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur rata. Kemudian, tingkatkan kecepatan mixer hingga adonan terlihat lebih elastis dan mulai terlepas dari tepian mangkuk.

2. Mengistirahatkan Adonan

Ketika adonan sudah tercampur rata, tutup mangkuk dengan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membantu adonan mengembang dengan baik dan meningkatkan tekstur donat yang lezat.

3. Membentuk Donat

Setelah 30 menit, adonan sudah siap untuk dibentuk menjadi donat. Ambil adonan dan giling dengan rolling pin hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Kemudian, gunakan cetakan donat untuk membentuk donat Anda.

Tempatkan donat pada loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini akan membantu donat mengembang dengan baik dan meningkatkan hasil akhir yang empuk dan lezat.

4. Menggoreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan pastikan minyak cukup panas sebelum memasukkan donat. Goreng donat hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan lalu tiriskan.

5. Menyajikan Donat

Saat donat sudah dingin, taburi dengan gula halus dan siap disajikan. Jangan lupa untuk disimpan dalam wadah kedap udara agar donat tidak lembab dan tetap empuk.

FAQ

1. Apa itu fermipan?

Fermipan adalah ragi atau yeast yang biasa digunakan sebagai bahan pengembang pada adonan roti, kue, dan donat. Fermipan memiliki kemampuan mengembangkan adonan dengan cepat dan hasil akhir yang lezat dan empuk.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Menceritakan Kembali Peristiwa dalam Bacaan

2. Bisakah kentang diganti dengan tepung kentang?

Tentu saja. Jika Anda kesulitan mencari kentang atau ingin mempersingkat proses, Anda bisa mengganti kentang yang sudah dihaluskan dengan tepung kentang. Namun, hasil akhir mungkin sedikit berbeda dan kurang lezat.

3. Mengapa harus mengistirahatkan adonan?

Mengistirahatkan adonan adalah salah satu cara untuk memberikan waktu adonan agar mengembang dan meningkatkan tekstur donat yang lezat. Hal ini juga akan membantu donat mengembang dengan baik ketika digoreng.

4. Apakah donat bisa dimakan setelah dingin?

Tentu saja. Donat bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan dimakan kapan saja. Namun, pastikan untuk tidak menyimpan donat terlalu lama agar tidak lembab dan tetap empuk.

5. Bagaimana cara membuat donat yang berwarna-warni?

Untuk membuat donat yang berwarna-warni, Anda bisa menambahkan pewarna makanan pada adonan. Gunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi dan tambahkan sesuai dengan keinginan Anda.

Kesimpulan

Memasak donat kentang dengan fermipan tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat donat yang lezat dan empuk di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Donat Kentang dengan Fermipan