Cara Membuat Cireng Goreng

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah mencoba membuat cireng goreng di rumah? Cireng goreng adalah salah satu makanan ringan yang sangat populer di Indonesia. Biasanya, cireng goreng dijual di pinggir jalan, di pasar, atau di tempat-tempat makan kecil. Namun, kamu juga bisa membuat cireng goreng yang lezat dan renyah di rumah. Berikut adalah cara membuat cireng goreng yang mudah dan enak.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat cireng goreng, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Tepung tapioka 50 gram
Bawang putih, cincang halus 3 siung
Ketumbar bubuk 1 sendok teh
Kaldu bubuk 1 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Air 250 ml
Minyak goreng secukupnya

Dengan bahan-bahan di atas, kamu bisa membuat sekitar 20-25 buah cireng goreng. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daun bawang, cabe rawit, atau keju parut sesuai dengan selera.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat cireng goreng.

1. Campurkan Bahan-bahan

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih cincang, ketumbar bubuk, kaldu bubuk, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

2. Tambahkan Air

Tambahkan air secara perlahan-lahan ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket.

3. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama 15-30 menit agar adonan mengembang dan menjadi lebih elastis.

4. Bentuk Adonan

Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bola kecil. Pipihkan bola adonan hingga berbentuk lingkaran pipih dengan ketebalan sekitar 1 cm. Lakukan hal yang sama untuk adonan yang lain.

5. Goreng Adonan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng adonan dalam minyak yang sudah panas hingga berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

FAQ

1. Apa bedanya cireng goreng dan cireng kukus?

Cireng goreng dan cireng kukus memiliki bahan dasar yang sama yaitu tepung terigu dan tapioka. Namun, cireng goreng digoreng dalam minyak sedangkan cireng kukus dikukus. Dalam hal rasa, cireng goreng biasanya lebih gurih dan renyah sedangkan cireng kukus lebih lembut dan kenyal.

2. Apakah bisa menambahkan bahan lain pada adonan cireng goreng?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti daun bawang, cabe rawit, atau keju parut sesuai dengan selera. Namun, pastikan bahan tambahan yang kamu gunakan tidak membuat adonan menjadi terlalu lembek atau terlalu keras.

TRENDING 🔥  Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis

3. Berapa lama adonan harus didiamkan?

Adonan sebaiknya didiamkan selama 15-30 menit agar adonan mengembang dan menjadi lebih elastis. Namun, jika kamu tidak punya waktu, adonan bisa langsung digunakan setelah diaduk rata.

4. Bisa tidak menggunakan tepung tapioka?

Bisa. Namun, tambahan tepung tapioka membuat adonan menjadi lebih kenyal dan elastis serta memberikan tekstur yang lebih lembut pada cireng goreng. Jika tidak menggunakan tepung tapioka, hasil akhirnya bisa berbeda.

5. Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu lengket?

Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung terigu atau tepung tapioka hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan tepung agar adonan tidak terlalu keras.

Itulah cara membuat cireng goreng yang mudah dan enak. Selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil!

Cara Membuat Cireng Goreng