Cara Membuat Bacem Tahu

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah mencoba membuat bacem tahu di rumah? Bacem tahu adalah masakan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan rasa manis dan gurihnya. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat sehingga cocok untuk kamu coba di rumah. Berikut adalah cara membuat bacem tahu yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak bacem tahu, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Tahu putih 300 gram
Kecap manis 2 sendok makan
Gula merah 50 gram
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 10 butir
Ketumbar 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air 500 ml

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan sebelum memulai proses pembuatan bacem tahu.

Cara Membuat Bacem Tahu

1. Siapkan Tahu

Pertama-tama, siapkan tahu putih sebanyak 300 gram. Potong tahu menjadi beberapa bagian dan sisihkan.

2. Ulek Bumbu Halus

Selanjutnya, ulek bumbu halus dengan cara menghaluskan bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses penghalusan.

3. Masak Bumbu Halus

Panaskan sedikit minyak goreng di wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan sedikit air agar bumbu tidak gosong.

4. Tambahkan Gula Merah

Selanjutnya, tambahkan gula merah yang telah dihaluskan dan aduk hingga larut. Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata.

5. Tambahkan Tahu dan Air

Masukkan tahu yang telah dipotong ke dalam wajan. Tambahkan air sebanyak 500 ml dan aduk hingga rata. Setelah itu, biarkan tahu meresap bumbu selama kurang lebih 30 menit.

6. Masak Hingga Matang

Setelah tahu meresap bumbu, masak bacem tahu hingga matang. Pastikan jangan sampai bumbu terlalu kental atau terlalu encer. Aduk sesekali agar bumbu tidak gosong dan tahu matang merata.

Cara Penyajian Bacem Tahu

Bacem tahu yang sudah matang dapat disajikan dengan nasi putih hangat. Agar lebih enak, kamu juga bisa menambahkan sayur kangkung sebagai pelengkap. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa itu Bacem Tahu?

Bacem tahu adalah masakan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan rasa manis dan gurihnya. Bacem tahu terbuat dari tahu putih yang disiram dengan bumbu manis dan gurih. Bacem tahu biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur kangkung sebagai pelengkap.

TRENDING 🔥  Cara Mencari Kalor

2. Apa Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Bacem Tahu?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bacem tahu antara lain tahu putih, kecap manis, gula merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan air.

3. Bagaimana Cara Membuat Bacem Tahu yang Enak?

Untuk membuat bacem tahu yang enak, pastikan tahu yang digunakan sudah dipotong kecil-kecil agar lebih meresap bumbu. Selain itu, jangan terlalu kental atau encer saat memasak bumbu agar rasa bacem tahu tidak terlalu kuat atau terlalu hambar.

4. Berapa Lama Tahu Harus Direndam dalam Bumbu?

Tahu sebaiknya direndam dalam bumbu selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap dengan sempurna.

5. Apa yang Bisa Menjadi Pelengkap Bacem Tahu?

Bacem tahu biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur kangkung sebagai pelengkap. Kamu juga bisa menambahkan lauk pauk lainnya sesuai dengan selera.

Cara Membuat Bacem Tahu