Cara Membuat Parata India

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara membuat parata India. Parata adalah roti pipih yang berasal dari India. Parata menjadi sangat populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat. Parata biasanya disajikan dengan kari atau saus yogurt. Yuk, langsung saja kita mulai membuatnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan parata India, pastikan semua bahan telah siap. Berikut adalah bahan yang dibutuhkan:

250 gram tepung terigu serba guna 1/2 sendok teh garam 1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok makan gula pasir 100 ml air 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Parata India

1. Membuat Adonan Parata

Langkah pertama adalah membuat adonan parata. Campurkan tepung terigu serba guna, garam, baking powder, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Tambahkan air dan minyak goreng ke dalam wadah adonan. Uleni adonan hingga kalis dan elastis. Jika adonan terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung terigu. Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit air. Setelah adonan kalis dan elastis, tutup wadah dengan kain atau plastik wrap dan diamkan selama 15-20 menit.

2. Menggiling Adonan Parata

Setelah adonan parata didiamkan selama 15-20 menit, bagi adonan menjadi beberapa bola yang sama besar. Bulatkan bola-bola adonan, lalu pipihkan menggunakan rolling pin atau mesin penggiling. Pastikan adonan terbentuk menjadi lingkaran yang tipis dan lebar.

Jika menggunakan mesin penggiling, atur mesin pada ketebalan yang diinginkan dan tekan tombol start. Masukkan bola adonan ke dalam mesin penggiling dan biarkan mesin bekerja hingga adonan terbentuk menjadi lingkaran tipis.

3. Memanggang Parata

Panaskan panci datar atau teflon dengan api sedang. Letakkan lingkaran adonan parata ke dalam panci dan biarkan adonan matang selama beberapa detik hingga mengembang. Balik adonan dan biarkan bagian yang belum matang dipanggang. Setelah adonan matang dan agak berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan.

Lakukan hal yang sama pada semua bola adonan parata hingga habis.

FAQ

1. Apakah parata hanya bisa disajikan dengan kari?

Tidak, parata tidak hanya bisa disajikan dengan kari. Parata juga bisa disajikan dengan saus yogurt, keju, atau berbagai jenis isian seperti daging cincang atau sayuran. Pilihlah isian sesuai dengan selera Anda.

TRENDING 🔥  cara biar bisa buang angin

2. Bisakah menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk membuat parata?

Tentu saja, Anda bisa menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk membuat parata. Namun, pastikan Anda menyesuaikan takaran air dan minyak goreng agar adonan tidak terlalu lembek atau terlalu kering.

3. Apakah parata bisa disimpan?

Ya, parata bisa disimpan dalam kulkas atau freezer selama beberapa hari. Untuk menghangatkannya kembali, cukup panggang di atas teflon atau oven selama beberapa menit hingga parata agak lunak dan hangat.

4. Apakah parata halal?

Ya, parata adalah makanan halal karena terbuat dari bahan-bahan yang halal dan tidak mengandung unsur haram.

Penutup

Nah, itu tadi cara membuat parata India yang lezat dan sederhana. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati parata dengan berbagai isian sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

Cara Membuat Parata India