Cara Bikin Semur Jengkol

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Di artikel ini, kita akan bahas tentang cara bikin semur jengkol yang enak dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Yuk, langsung saja kita mulai!

1. Apa itu Semur Jengkol?

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara bikin semur jengkol, ada baiknya kita bahas dulu apa itu semur jengkol. Semur jengkol adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari jengkol yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Indonesia. Semur jengkol biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi.

Jengkol sendiri adalah buah dari pohon jengkol yang biasa tumbuh di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang khas dan baunya yang cukup menyengat. Namun, jika dimasak dengan bumbu yang tepat, jengkol bisa menjadi makanan yang lezat dan enak.

Jadi, semur jengkol adalah masakan yang terbuat dari jengkol yang dimasak dengan bumbu khas Indonesia. Selanjutnya, kita akan bahas bagaimana cara membuat semur jengkol yang enak.

2. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita masuk ke cara bikin semur jengkol, ada baiknya kita bahas dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat semur jengkol yang enak. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan-Bahan Jumlah
Jengkol 500 gram
Bawang merah 10 butir
Bawang putih 5 siung
Cabe merah 10 buah
Cabe rawit 5 buah
Kecap manis 2 sendok makan
Gula merah 50 gram
Garam secukupnya
Air secukupnya

Itu dia bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat semur jengkol yang enak. Selanjutnya, kita akan bahas bagaimana cara memasaknya.

3. Cara Bikin Semur Jengkol

Berikut adalah langkah-langkah cara bikin semur jengkol:

Langkah 1: Merebus Jengkol

Rebus jengkol yang sudah dicuci bersih dalam air yang sudah direbus terlebih dahulu selama sekitar 20-30 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi bau dan rasa amis pada jengkol. Setelah itu, tiriskan jengkol dan potong-potong sesuai selera.

Langkah 2: Menumis Bumbu

Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit yang sudah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, masukkan jengkol yang sudah dipotong-potong dan aduk rata.

Langkah 3: Tambahkan Kecap Manis dan Gula Merah

Selanjutnya, tambahkan kecap manis, gula merah, dan sedikit garam secukupnya. Aduk rata dan masukkan air secukupnya. Biarkan semur jengkol mendidih dan bumbu meresap ke dalam jengkol.

TRENDING 🔥  Tuliskan Cara Menemukan Kata Kunci Dengan Mencari Kata yang Diulang-ulang

Langkah 4: Masak Hingga Matang

Masak semur jengkol hingga kuahnya mengental dan jengkolnya matang sempurna. Jika sudah matang, angkat dan sajikan semur jengkol yang enak ini sebagai lauk pendamping nasi.

4. FAQ tentang Semur Jengkol

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang semur jengkol:

Q: Apakah Semur Jengkol Sehat untuk Dikonsumsi?

A: Jengkol memiliki kandungan protein dan serat yang baik untuk tubuh. Namun, karena jengkol mengandung senyawa kimia yang sulit dicerna oleh tubuh, maka sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Q: Bagaimana Cara Menghilangkan Bau pada Jengkol?

A: Untuk mengurangi bau jengkol, rebus jengkol dalam air yang sudah direbus terlebih dahulu selama sekitar 20-30 menit. Kemudian, tiriskan air rebusan jengkol dan cuci jengkol dengan air yang bersih.

Q: Bagaimana Cara Menyimpan Semur Jengkol?

A: Simpan semur jengkol di dalam kulkas dalam wadah yang tertutup rapat. Semur jengkol bisa bertahan hingga 2-3 hari dalam kulkas.

Q: Bolehkah Jengkol Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil?

A: Sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi jengkol karena jengkol mengandung senyawa kimia yang sulit dicerna oleh tubuh dan bisa memicu masalah pencernaan.

Itulah tadi artikel tentang cara bikin semur jengkol. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuat semur jengkol yang enak dan lezat. Selamat mencoba!

Cara Bikin Semur Jengkol