Cara Bikin Cenil Tepung Kanji

>Hello Sohib EditorOnline, kamu pasti suka makanan manis, kan? Nah, salah satu makanan manis asli Indonesia yang enak banget adalah cenil tepung kanji. Selain mudah dibuat, rasanya juga lezat. Ingin tahu caranya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Cenil

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara bikin cenil tepung kanji, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu cenil. Cenil merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air dan pewarna makanan. Cenil biasanya hadir dalam bentuk bulat-bulat kecil dan bisa dihidangkan dengan kuah santan atau gula merah.

Salah satu jenis cenil yang populer adalah cenil tepung kanji. Cenil ini terbuat dari tepung kanji atau tapioka, salah satu jenis tepung yang banyak digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Tepung kanji memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan serat yang rendah, sehingga cocok digunakan untuk membuat makanan manis seperti cenil.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara bikin cenil tepung kanji, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan untuk membuat cenil tepung kanji yang enak dan lezat:

Bahan Jumlah
Tepung kanji/tapioka 250 gram
Gula pasir 100 gram
Air matang 200 ml
Pewarna makanan (optional) Sesuai selera
Air untuk merebus Secukupnya
Gula merah (untuk kuah) Secukupnya
Santan (untuk kuah) Secukupnya

Cara Bikin Cenil Tepung Kanji

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu sudah siap untuk membuat cenil tepung kanji. Berikut adalah langkah-langkah cara bikin cenil tepung kanji yang mudah dan praktis:

1. Campurkan Tepung Kanji dan Gula Pasir

Langkah pertama dalam cara bikin cenil tepung kanji adalah mencampurkan tepung kanji dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur dengan baik.

2. Tambahkan Air dan Pewarna Makanan

Selanjutnya, tambahkan air matang sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung kanji dan gula pasir sambil terus diaduk. Tambahkan pewarna makanan jika ingin memberikan warna pada cenil. Aduk rata hingga adonan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.

3. Siapkan Panci dan Rebus Air

Setelah adonan sudah siap, siapkan panci dan rebus air hingga mendidih. Pastikan panci yang digunakan cukup besar agar cenil tidak saling menempel saat direbus.

4. Bentuk Adonan Menjadi Bulat-bulat Kecil

Selanjutnya, ambil adonan tepung kanji dan bentuk menjadi bulat-bulat kecil. Ukuran bulat-bulat tersebut disesuaikan dengan selera masing-masing. Setelah bentuk, simpan dalam wadah terpisah agar tidak menempel.

TRENDING 🔥  Cara Cek Akun IG Penipu

5. Rebus Adonan Hingga Matang

Masukkan bulat-bulat adonan ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Rebus hingga bulat-bulat tersebut mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.

6. Sajikan dengan Kuah Gula Merah atau Santan

Setelah cenil tepung kanji sudah matang, kamu bisa menyajikannya dengan kuah gula merah atau santan. Kuah gula merah bisa dibuat dengan merebus gula merah bersama air hingga larut, lalu ditambahkan sedikit garam. Sedangkan kuah santan bisa dibuat dengan merebus santan bersama garam hingga mendidih.

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan tepung ketan untuk membuat cenil tepung kanji?

Tentu saja bisa. Tepung ketan juga bisa digunakan untuk membuat cenil. Namun, tepung kanji memberikan tekstur yang lebih kenyal dan khas dibandingkan dengan tepung ketan.

2. Bisakah menggunakan pewarna makanan alami?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan pewarna makanan alami seperti jus buah atau sayuran untuk memberikan warna pada cenil. Pewarna makanan buatan juga bisa digunakan asalkan sesuai dengan standar keamanan pangan.

3. Apakah cenil tepung kanji bisa disimpan dalam kulkas?

Tentu saja bisa. Cenil tepung kanji bisa disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup untuk menjaga kesegarannya. Kamu juga bisa menyimpannya dalam freezer untuk pemakaian di kemudian hari.

4. Bagaimana jika adonan terlalu cair atau terlalu padat?

Jika adonan terlalu cair, tambahkan tepung kanji sedikit-sedikit hingga adonan tercampur dengan baik dan tidak terlalu cair. Jika adonan terlalu padat, tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan tercampur dengan baik.

5. Bisakah menambahkan aroma pada cenil tepung kanji?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menambahkan aroma pandan atau vanila pada adonan cenil sebelum mencampurkan dengan air. Aroma tersebut akan memberikan sentuhan yang berbeda pada rasa cenil tepung kanji.

Kesimpulan

Nah, itulah cara bikin cenil tepung kanji yang enak dan lezat. Selain mudah dibuat, cenil tepung kanji juga bisa disajikan dengan berbagai macam kuah sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati sensasi kenyalnya cenil tepung kanji yang lezat.

Cara Bikin Cenil Tepung Kanji